Menghilangkan Tampilan Grafis di BlankOn

Posting Komentar

Untuk beberapa kebutuhan, BlankOn yang sudah dipasang di komputer tidak memerlukan tampilan grafis. Misalnya dalam kasus ini untuk OpenBTS, karena nantinya BlankOn yang sudah dipasang hanya untuk menjalankan OpenBTS saja jadi tampilan grafis dihilangkan, meskipun sebenarnya GNURadio sebenarnya membutuhkan pustaka X, namun hanya pustaka dasar saja, jadi manajer desktop tidak perlu dipasang.

Bagaimana supaya pekerjaan menjadi cepat, tidak melakukan pencopotan paket – paket satu persatu? Tentunya juga bingung memilih paket mana saja yang tidak diperlukan ?

Untuk pekerjaan tersebut, bisa menggunakan “tasksel”, dan sudah terpasang di BlankOn versi standar. Untuk melakukan pekerjaan menghapus tampilan grafis ini lebih baik dijalankan dari tty1, atau bisa juga dilakukan melalui ssh dari komputer lain, sehingga nanti ketika tasksel mencopot manajer desktop tidak terjadi kesalahan.

Untuk memulai pekerjaan menghilangkan tampilan grafis ini, pertama jalankan tasksel

$ sudo tasksel

Hilangkan semua pilihan kecuali “OpenSSH server”, tapi ini juga tergantung pilihan, kalau dirasa butuh SSH ya bisa dipilih, kalau tidak ya berarti hilangkan pilihanya.

Kemudian tekan tombol papan ketik “tab”, ini maksudnya untuk menuju tombol OK yang ada di tasksel.

Tunggu beberapa saat sampai tasksel selesai bekerja dengan ditandai jendela tasksel tertutup. Setelah itu, ketik perintah :

$ sudo apt-get autoremove

Perintah ini untuk menghapus paket – paket yang tidak lagi dibutuhkan. Tapi sayangnya apt-get tanpa pilihan –purge tidak akan menghapus berkas – berkas konfigurasi dari paket. Dan ini berpotensi menimbulkan error. Untuk itu kita bisa menggunakan dpkg untuk menghapus konfigurasi paket yang sudah dicopot namun tidak dihapus oleh apt-get. Caranya ketik perintah berikut :

$ sudo dpkg --purge `dpkg --get-selections | grep deinstall | cut -f1`

Sampai disini BlankOn sudah bersih dari paket – paket tampilan grafis. Tapi kita masih punya satu langkah lagi, oleh karena grub-pc yang digunakan untuk booting ke BlankOn juga ikut terhapus, maka kita pasang dulu grub-pc sebelum BlankOn dinyalakan ulang.

$ sudo apt-get install grub-pc

Tunggu sampai pemasangan selesai, dan proses membuang tampilan grafis telah selesai. Nyalakan ulang komputer dan lihat proses boot yang indah dari BlankOn, dan setelah itu masuk ke tampilan text :D


Related Posts

Posting Komentar