Perpaduan antara objek yang bagus dan warna yang sesuai akan menghasilkan gambar vektor yang menarik. Karena itu, gambar vektor sering digunakan untuk membuat logo. Logo yang menarik berasal dari perpaduan antara objek-objek seperti kotak, lingkaran, serta garis dan warna tertentu yang tersusun dengan baik. Pada bab ini, Anda akan membuat suatu objek dan memadukannya dengan objek-objek lain hingga menjadi gambar vektor yang sederhana, namun bagus dan menarik.
A. MEMBUAT OBJEK DENGAN IKON-IKON DI TOOLBOX
Toolbox digunakan untuk membuat suatu objek. Bentuk-bentuk objek yang dapat Anda buat menggunakan ikon-ikon yang terdapat pada Toolbox antara lain kotak (dengan menggunakan ikon Rectangle and Square), lingkaran (menggunakan ikon Circles), elips
(menggunakan ikon Ellipses), dan garis lengkung (menggunakan ikon Arcs). Tool-tool penting yang terdapat pada Toolbox adalah sebagai berikut.
1.. Select and Transforrm Objects
Tool ini dapat Anda gunakan untuk memilih objek, memindahkan objek, memperkecil/memperbesar objek, memutar objek, memberi warna objek. Tool ini dapat diaktifkan dengan mengklik ikon Select and Transform Objects atau menekan F1 pada keyboard.
Gambar1.1 Mengaktifkan select dan transform Object
Gambar1.2 Mengubah ukuran object
Gambar1.3 Memutar dan memiringkan object
2.. Edit Paths by Nodes
Anda dapat menggunakan tool ini untuk mengubah sudut objek, memindahkan posisi titik penghubung antar garis pada objek, dan mengubah garis lurus objek menjadi garis lengkung.
Gambar1.4 Menubah sudut object
Gambar1.5 Mengubah bentuk object
Gambar1.6 Mengubah lingkaran menjadi pie setengah lingkaran
Edit Path by Nodes dapat juga Anda aktifkan dengan menekan tombol F2 pada keyboard. Objek berupa kotak, lingkaran, dan objek banyak sisi dapat diubah ke bentuk bebas menggunakan Edit path. Akan tetapi, sebelumnya objek tersebut harus diubah ke bentuk
path (object to path) melalui menu Path → Object to Path atau menekan Shift + Ctrl + C pada keyboard. Setelah langkah tersebut Anda lakukan, barulah objek tersebut dapat diubah seperti yang tampak pada Gambar1.5.
3.. Rectangle and Square
Tool ini dapat Anda gunakan untuk membuat objek bujursangkar atau persegipanjang. Untuk membuat bujursangkar, secara bersamaan Anda perlu menekan tombol CTRL pada keyboard.
Gambar1.7 Membuat rectangel dan bujur sangkar
4.. 3D Boxes
3D Boxes berguna untuk membuat objek kotak 3 dimensi. Untuk mengaktifkan melalui keyboard, tekan tombol Shift + F4.
Gambar1.8 Membuat kotak 3D
5.. Circles, Elipses, and Arcs
Tool ini dapat Anda gunakan untuk membuat lingkaran, elips, pie, dan arc. Lingkaran sempurna dapat Anda buat jika Anda menekan tool ini sambil menekan tombol CTRL pada keyboard. Untuk membuat objek pie atau arc, Anda dapat menggunakan bantuan tool Edit path yang telah kita bahas sebelumnya. Tool Circles, Ellipses, and Arc juga dapat Anda aktifkan melalui keyboard dengan menekan tombol F5.
Gambar1.9 Membuat elips dan lingkaran
6.. Stars and Polygons
Tool ini dapat Anda gunakan untuk membuat objek bintang atau objek dengan banyak sisi. Untuk mengaktifkannya melalui keyboard, tekan tombol Shift + 8. Bentuk bintang dan segi banyak dapat Anda buat dengan mengklik ikon pada toolbar yang otomatis muncul saat Anda mengaktifkan tool Stars and Polygon.
Gambar1.10 Membuat star dan polygon
7. Spirals
Tool Spirals berguna untuk membuat objek garis spiral atau gelombang. Tool ini dapat Anda aktifkan melalui keyboard dengan menekan tombol F9.
Gambar1.11 Membuat spiral
8.. Frehand Lines
Anda dapat menggunakan tool Freehand Lines untuk membuat objek bebas seperti Anda menggambar menggunakan pensil pada selembar kertas. Freehand Lines dapat Anda aktifkan melalui keyboard dengan menekan tombol F6.
Gambar1.12 Membuat obyek bebas
9. Bezier Curves and Straight Lines
Bezier Curves and Straight Lines merupakan tool untuk membuat suatu objek bebas dengan sebelumnya menentukan titik-titik pertemuan antar garis pada suatu objek yang akan dibuat. Tool ini sangat bermanfaat untuk menggambarkan sketsa yang Anda buat di
atas kertas dan Anda pindahkan ke komputer dengan scanner. Dengan Bezier Curves and Straight Lines dan bantuan tool Edit Path Anda dapat membuat tokoh kartun.
Gambar1.13 Membuat obyek bebas dengan titik nodes
10.. Caligraphic or Brush Strokes
Tool ini dapat Anda gunakan jika Anda ingin membuat suatu efek tulisan kaligrafi atau kuas atau efek highlight. Untuk mengaktifkan tool Calligraphic or Brush Strokes, Anda cukup menekan tombol CTRL + F6 pada keyboard.
Gambar1.14 Membuat obyek kaligrafi atau stabilo
11. Text
Text tool Anda perlukan saat akan memasukkan tulisan ke dalam proyek Anda. Tool ini dapat Anda aktifkan dengan menekan tombol F8 pada keyboard.
Gambar1.15 Membuat tulisan
Untuk memberi warna isi dan warna garis pada suatu objek, Anda dapat menggunakan Pallete dan Status bar. Untuk mewarnai isi objek, lakukan klik kiri pada warna yang Anda inginkan. Cara lainnya adalah dengan klik kanan pada Pallete, lalu memilih bagian objek yang akan diberi warna, yaitu isi (fill) atau garis (stroke) dengan klik kiri mouse.
Perhatikan Gambar dibawah agar semakin jelas.
Gambar1.16 Mewarnai obyek
Saat Anda bekerja pada Inkscape, adakalanya tampilan Inkscape terlihat kecil. Untuk memperbesar tampilan tersebut, gunakan Zoom dari Toolbox atau tekan tombol Z pada keyboard, kemudian klik kiri pada objek. Bila Anda ingin mengecilkan kembali tampilan, tekan tombol Shift dan tahan, kemudian klik kiri pada objek sampai Anda rasa cukup ukuran tampilannya.
B. MODIFIKASI OBJEK PADA INKSCAPE
Inkscape juga menyediakan fasilitas-fasilitas agar Anda dapat membuat lebih banyak variasi dalam proyek gambar vektor yang Anda buat. Fasilitas tersebut terletak pada menu Object, Path, dan Text. Dalam pembuatan objek, terkadang posisi objek saling bertumpuk di atas dan bawah. Anda dapat memindahkan posisi objek dengan cara menekan tombol pada keyboard. Tombol PgUp untuk memindahkan posisi objek ke atas atau ke depan, dan tombol PgDn untuk memindahkan posisi objek ke bawah atau ke belakang.
Gambar1.17 Posisi Obyek
1. Menu Object
Pada menu ini, dapat Anda temukan beberapa fungsi untuk objek. Fungsi yang umum digunakan adalah Fill and Stroke untuk mengubah warna pada isi dan garis objek, Group dan UnGroup untuk menggabungkan beberapa objek dan memisahkan objek yang telah digabungkan, Rotate untuk memutar objek, dan Flip untuk membalik objek.
Gambar1.18 Rotate Object
Gambar1.19 Flip Obyek
Selain itu, masih ada fungsi Transform untuk mengerjakan hal-hal yang berkaitan dengan transformasi objek seperti perpindahan (Move), ukuran (Scale), perputaran (Rotate), tingkat kemiringan (Skew). Transform dapat dijalankan, bila objek sudah diseleksi. Menu ini dapat Anda aktifkan dengan menekan kombinasi tombol Shift + CTRL + M pada keyboard.
Gambar1.20 Transform move
Gambar1.21 Transform scale
Gambar1.22 Transform rotate
Gambar1.23 Transform skew
2. Menu Path
Menu Path dapat Anda gunakan untuk memodifikasi satu atau beberapa objek menjadi suatu objek baru. Hampir semua bagian dari menu Path sangat berguna untuk memodifikasi gambar. Gambar di bawah menunjukkan bagian-bagian menu Path yang umum digunakan.
Gambar1.24 Menu path
1. Bagian 1
Bagian ini berguna untuk mengubah properti objek sehingga objek tersebut lebih mudah diubah ke bentuk objek lain menggunakan tool Edit Path pada toolbox. Objek yang diubah adalah objek yang sudah baku, seperti kotak, lingkaran, bintang, polygon. Pada bagian ini ada 3 submenu yang dapat Anda gunakan, yaitu Object to Path (objek yang diubah ke path), Stroke to Path (garis yang diubah ke path), dan Trace Bitmap (mengubah gambar bitmap yang diimpor ke dalam Inkscape menjadi gambar vektor).
Gambar1.25 Hasil object to patch yang diubah dengan edit path
Gambar1.26 Hasil stroke to path, fill hilang dan gambar berubah setelah diubah dengan edit path
Gambar1.27 Hasil trace bitmap, gambar bitmap yang diubah ke vektor kemudian diubah dengan edit path
2. Bagian 2
Bagian ini dapat Anda gunakan untuk membuat objek baru dari perpaduan beberapa objek. Sub menu yang terdapat di bagian ini antara lain:
- Union
Sub menu ini berguna untuk menggabungkan beberapa objek menjadi objek baru. Objek-objek tersebut disusun dengan posisi saling bertumpuk.
Gambar1.28 Hasil union, 2 objek yang diseleksi
- Difference
Pada sub menu ini, posisi objek yang di atas atau di depan memotong objek yang ada di bawahnya seperti tampak pada Gambar di bawah ini.
Gambar1.29 Hasil difference, lingkaran memotong persegi
- Intersection
Sub menu ini dapat Anda gunakan untuk mengambil objek hasil perpotongan dua objek atau lebih seperti yang diperlihatkan pada Gambar di bawah ini.
Gambar1.30 Hasil intersection
- Exclusion
Sub menu ini dapat Anda gunakan untuk menghasilkan objek yang bertolak belakang dengan objek hasil sub menu Intersection. Objek baru terbentuk dengan membuang perpotongan kedua objek. Perhatikan Gambar 3.31 agar lebih jelas.
Gambar1.31 Hasil exclusion
- Division
Submenu ini berguna untuk mengambil hasil pemotongan objek di posisi bawah oleh objek yang berada di atasnya seperti yang terlihat pada Gambar di bawah ini.
Gambar1.32 Hasil division
- Cut Path
Submenu ini dapat Anda gunakan untuk mengambil garis atau stroke dari objek yang dipotong oleh objek di atasnya. Hasilnya hanya berupa garis karena isi atau fill akan dihilangkan.
Gambar1.33 Hasil cut path
Posting Komentar
Posting Komentar