Cara Install LAMP Ubuntu

Posting Komentar

Apa Itu LAMP ?

LAMP merupakan kependekan dari Linux, Apache, MySQL dan Perl/PHP/Phyton. Merupakan sebuah Free OpenSource Software (FOSS) yang digunakan agar dapat menjalankan sebuah aplikasi berbasis web secara lengkap.

Bagaimana menginstall LAMP di Linux ?

Tutorial berikut ini diasumsikan kamu telah memahami apa itu LAMP Server, cara bekerja website dari backend dan cara menginstal perangkat lunak baik menggunakan Software Center atau Terminal. Tidak menutup kemungkinan juga memiliki pengetahuan mengenai perintah dasar terminal juga diperlukan dalam prosesini.

Tutorial Cara Install LAMP Ubuntu

Cara install LAMP Ubuntu sangat sederhana dan tidak serumit yang dibayangkan. Ikuti langkah-langkah berikut ini dengan menggunakan Terminal yang ada pada Ubuntu. Buka terminal dan ikut langkah berikut

Baca : Cara Install Ubuntu

Langkah pertama : Update & Upgrade

Melakukan update dan upgrade terlebih dahulu untuk mendapatkan yang paling baru.

sudo apt-get update & sudo apt-get upgrade -y

Langkah kedua : Install Apache

Untuk menginstal Apache diharuskan terlebih dahulu menginstal Metapackage apache2. Ini dapat dilakukan dengan menjalankan perintah berikut.

sudo apt-get install apache2

Langkah ketiga : Install MySQL Server

Untuk menginstal MySQL Anda harus menginstal Metapackage mysql-server. Ini bisa dilakukan dengan menjalankan perintah berikut ini.

sudo apt-get install mysql-server

Langkah keempat : Install PHP

PHP membutuhkan beberapa paket agar dapat berfungsi seperti yang diharapkan, jadi berikut ini adalah rekomendas paket paling standar dan dapat disesuaikan kemudian dengan kebutuhan yang berbeda pula.

sudo apt-get install php-pear php-fpm php-dev php-zip php-curl php-xmlrpc php-gd php-mysql php-mbstring php-xml libapache2-mod-php

Langkah kelima : Restart Server Services

Service Apache seharusnya telah secara otomatis melakukan restart sesaat setelah proses install MySQL dan PHP selesai, jika hal tersebut tidak terjadi maka lakukan perintah berikut untuk melakukannya.

sudo service apache2 restart

Langkah keenam : Memeriksa Apache

Untuk memastikan bahwa service Apache telah berjalan dengan benar maka periksa dengan menggunakan browser dan arahkan ke http://localhost atau http://<alamat ip> . Apabila benar akan muncul tulisan It Work’s!

Langkah ketujuh : Memeriksa Versi dan Modul PHP

Pemeriksaan PHP dapat dilakukan dengan mengeksekusi file PHP apa pun dari dalam /var/www/ atau /var/www/html. Sebagai alternatif dapat juga melakukan perintah berikut, yang akan membuat PHP menjalankan kode tanpa perlu membuat file.

php -r 'echo "\n\nYour PHP installation is working fine.\n\n\n";'

Baca : Cara Install Debian 9 Stretch

Demikian tutorial Cara Install LAMP Ubuntu dilakukan, apabila menemui kendala atau ingin tutorial yang lebih spesifik, silakan menuliskan di kolom komentar bawah, dan jangan lupa subscribe yang terdapat pada bagian samping. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Posting Komentar