Cara Mengatasi PHPMyAadmin XAMPP V3.2.4 ERROR

Posting Komentar

Cara Memperbaiki PHPMyAadmin XAMPP V3.2.4 ERROR tidak dapat login

PHPMyAadmin XAMPP V3.2.4 ERROR tidak dapat login saya alami saat selesai melakukan installasi. Kejadian error PHPMyAdmin dari XAMPP ini saya alami saat melakukan installasi baru untuk menganti versi sebelumnya yang memang juga mengalami error pada MySQL Server yang tidak dapat binding ke socket/port 3306 meskipun telah mengubah port tersebut menjadi tidak standar MySQL. Error PHPMyAdmin yang baru saya adalah sebagai berikut.

Cara Mengatasi PHPMyAadmin XAMPP V3.2.4 ERROR | phpmyadmin xampp v3.2.4 error access e1593456957495

BACA JUGA : Cara Install LAMP Ubuntu

Error
MySQL said: Documentation

Cannot connect: invalid settings.
mysqli::real_connect(): (HY000/2002): No connection could be made because the target machine actively refused it.
Connection for controluser as defined in your configuration failed.
mysqli::real_connect(): (HY000/2002): No connection could be made because the target machine actively refused it.
phpMyAdmin tried to connect to the MySQL server, and the server rejected the connection. You should check the host, username and password in your configuration and make sure that they correspond to the information given by the administrator of the MySQL server.

Status MySQL Server pada XAMPP menunjukan bahwa MySQL server berjalan dengan baik ditunjukan dengan indikator berwarna hijau dan dalam log aktifitas tidak ada terjadi error. Dari log tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa MySQL Server tidak ada  masalah, maka selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan pada konfigurasi PHPMyAdmin confic.inc.php yang umumnya berada pada “C:\xampp\phpMyAdmin” namun, bisa jadi berbeda path atau lokasi file tersebut, bergantung dimana kita menempatkan installasi XAMPP V3.2.4 terbaru tersebut.

Dari beberapa penelusuran cara untuk memperbaiki error phpmyadmin yang ada di internet, yang pertama kali saya coba adalah mengubah konfigurasi sebagai berikut

/* Authentication type and info */
$cfg[‘Servers’][$i][‘auth_type’] = ‘config’;
$cfg[‘Servers’][$i][‘user’] = ‘root’;
$cfg[‘Servers’][$i][‘password’] = ‘ ‘;
$cfg[‘Servers’][$i][‘extension’] = ‘mysqli’;
$cfg[‘Servers’][$i][‘AllowNoPassword’] = true;
$cfg[‘Lang’] = ”;

Menjadi seperti ini

/* Authentication type and info */
$cfg[‘Servers’][$i][‘auth_type’] = ‘cookie’;
$cfg[‘Servers’][$i][‘user’] = ‘root’;
$cfg[‘Servers’][$i][‘password’] = ‘root ‘;
$cfg[‘Servers’][$i][‘extension’] = ‘mysqli’;
$cfg[‘Servers’][$i][‘AllowNoPassword’] = false;
$cfg[‘Lang’] = ”;

Saya simpan hasil ubahan tersebut dan melakukan restart MySQL Server XAMPP, selanjutnya saya coba akses kembali http://localhost/phpmyadmin dan hasil yang saya temukan juga masih sama yaitu error dan tidak dapat terkoneksi dengan baik. Cara kedua yang saya pergunakan juga masih merujuk pada artikel yang lain.

Pada artikel kedua cara mengatasi error PHPMyadmin ini adalah mengubah tipe dari autentikasi dari config menjadi http seperti berikut

/* Authentication type and info */
$cfg[‘Servers’][$i][‘auth_type’] = ‘config’;

Mengubah metodek autentikasi menjadi http seperti berikut

/* Authentication type and info */
$cfg[‘Servers’][$i][‘auth_type’] = ‘http’;
$cfg[‘Servers’][$i][‘AllowNoPassword’] = false; <== saya kembalikan menjadi true

Lakukan restart MySQL Server pada XAMPP dan kembali mencoba melakukan akses ke http://localhost/phpmyadmin, dan hasil yang keluar adalah tetap error. Karena masih mengalami error dan beberapa artikel tentang cara memperbaiki PHPMyAdmin pada XAMPP V3.2.4 sudah saya coba, saya berkesimpulan bahwa error bisa jadi bukan terjadi pada PHPMyAdmin xampp V3.2.4 namun pada hak akses yang saya berikan terhadap aplikasi tersebut dan belum saya coba untuk menjalankan XAMPP dengan menggunakan Run As Administrator meskipun installasi saya tidak berada pada Drive C: dan setelah menerapkan run as administrator perbaikan PHPMyAadmin XAMPP V3.2.4 ERROR dapat diatasi.

Hasil akhir dari konfigurasi config.inc.php untuk PHPMyAdmin saya adalah sebagai berikut :

/* Authentication type and info */
$cfg[‘Servers’][$i][‘auth_type’] = ‘http’;
$cfg[‘Servers’][$i][‘user’] = ‘root’;
$cfg[‘Servers’][$i][‘password’] = ”;
$cfg[‘Servers’][$i][‘extension’] = ‘mysqli’;
$cfg[‘Servers’][$i][‘AllowNoPassword’] = true;
$cfg[‘Lang’] = ”;

Sesuaikan konfigurasi seperti diatas, simpan perubahan yang telah dilakukan. Lakukan restart MySQL Server pada XAMPP control panel dan buka kembali http://localhost/phpmyadmin lanjut dengan masukan username root dan tanpa password default dari phpmyadmin xampp dan Viola!! phpmyadmin xampp v3.2.4 berjalan dengan semestinya dan dapat dipergunakan untuk berkarya kembali.

 phpmyadmin xampp v3.2.4

Related Posts

Posting Komentar