Maksimalkan Fungsi Ubuntu Software Center

Posting Komentar

Aku makin cinta saja nih pakai Linux Ubuntu. Gimana ga makin cinta, semua kemudahan ada di sini bro, dari dukungan komunitas, ilmu gratis, dan semua yang serba gratis deh 😀 . Oke deh, iklanya dikit saja yach, nanti dikira Alay (Anak Lebay) malah repot 😀 .

Berikut merupakan salah satu kemudahan ketika kita menggunakan Linux Ubuntu yaitu dengan memanfaatkan dan memaksimalkan salah satu fitur yang luar biasa bermanfaat di linux Ubuntu yaitu Ubuntu Software Center. Ubuntu Software ini berfungsi sebagai pusat atau gudangnya software yanga ada di Linux. Jadi lebih sederhananya ketika kita mau install software apapun kita tidak perlu tanya ke google tapi cukup klik Ubuntu Software Center. Seperti apa dan dimana sih tampilan Ubuntu Software Center ? kalau penulis kebetulan menggunakan ubuntu versi netbook 10.04 (lucid), dan lokasinya ada di menu favorit seperti gambar dibawah ini:

Ubuntu Software Center

Setelah terlihat gambar diatas, silahkan langsung diklik saja maka akan muncul tampilan Ubuntu Software Center seperti gambar dibawah ini:

Tampilan di halaman Ubuntu Software Center
Tampilan di halaman Ubuntu Software Center

Setelah muncul seperti tampilan diatas, coba lihat di pojok kanan atas ada tempat untuk melakukan pencarian software yang akan di install. Untuk mencari software yang akan kita install silahkan langsung saja ketikan nama software yang akan kita install maka secara otomatis kita akan dapatkan software yang kita inginkan.

Dalam contoh ini penulis memberikan contoh ketika penulis akan menginstall software chromium beberapa hari yang lalu. Maka caranya adalah saya cukup menuliskan kata chromium di pojok kanan atas, maka akan muncul software yang kita cari, dalam contoh tulisan ini adalah software chromium. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat seperti gambar dibawah ini:

Tampilan Ubuntu Software CenterSetelah muncul seperti gambar diatas, silahkan langsung klik Install maka secara otomatis proses Instalasi sudah selesai. Mudah bukan ? 🙂

Oke, untuk mencobanya kembali, silahkan anda coba cari-cari saja software-software yang lain sesuai kebutuhan anda, bisa juga mendownload game lewat  Ubuntu Software Center ini.

Tutorial ini khusus untuk pemula seperti saya 😀

Semoga bermanfaat yah sob 🙂

Related Posts

Posting Komentar