7 Distro Sistem Operasi Linux Terbaik Di Indonesia

Posting Komentar

7 Distro Sistem Operasi Linux Terbaik di Indonesia, seperti Windows, iOS dan MacOSX, Linux merupakan sistem operasi Free and Open Source Software (FOSS) yang populer di dunia selain Windows dan MacOS dengan kelebihan virus yang ada diluaran tidak dapat berjalan didalamnya. Sistem Operasi Linux ini tidak memerlukan untuk membeli lisensi agar dapat menggunakannya. Linux juga merupakan Sistem Operasi yang banyak dan populer untuk dipergunakan sebagai tulang punggung layanan Server baik itu Server Hosting, Server Email dan bahkan Machine Learning menggunakan linux. Dan yang paling besar penggunaan di Indonesia sistem operasi yang berbasiskan linux adalah Android dan bahkan tidak hanya indonesia, melainkan seluruh dunia menurut GlobalStats 

Statistik Sistem Operasi Yang Banyak Dipergunakan di Indonesia
Statistik Sistem Operasi Yang Banyak Dipergunakan di Indonesia

Sistem Operasi Linux sendiri memberikan banyak sekali pilihan untuk dipergunakan, jika belum pernah menggunakan Linux dan ingin pertama kali merasakan menggunakan sismte operasi Linux dan belum tau banyak mengenai Distro (Distribusi Linux) Linux mana yang akan dipergunakan, oleh alasan itulah 7 Distro Sistem Operasi (OS) Linux Terbaik di Indonesia ini dibuat untuk dapat menjadi panduan dalam memilih Distro Linux yang cocok dan selaras dengan kebutuhan. Seperti halnya dengan manusia, Distro Linux juga memiliki kelebihan antara satu dan yang lainnya, dan berikut ini daftar 7 OS Linux yang dapat dijadikan pertimbangan untuk memilih.

Distro Sistem Operasi Linux

1. Distro Linux Terbaik untuk Laptop dan PC : Ubuntu

Ubuntu Sistem Operasi Linux

Ubuntu merupakan sistem operasi linux yang dikembangkan oleh Canonical dan saat ini merupakan yang paling populer diantara yang lain. Banyak pengguna Linux yang dipergunakan untuk kebutuhan sehari-hari menggunakan Disro Linux Ubuntu ini. Ubuntu sendiri merupakan turunan dari Debian, dan Ubuntu terus memperbaiki dari segi kemudahan, keamanan dan usabilitas untuk para penggunanya. Ubuntu sendiri melakukan rilis beberapa varian dengan mempertimbangkan kemampuan hardware yang ada diluaran sana, untuk hardware yang sangat terbatas bisa memilih Xubuntu yang ringan, selain itu ada varian lain juga seperti Lubuntu dan Ubuntu Mate.

Ubuntu sendiri tidak hanya hadir sebagai sistem operasi Desktop namun juga untuk Server, untuk hardware laptop dan komputer saat ini sudah cukup untuk dapat melakukan installasi dan menjalankan Ubuntu 20.04 LTS dengan tampilan Desktop GNOME yang menawan. Ubuntu sendiri memiliki kekuatan pada sisi komunitas pengguna yang aktif di internet sehingga memudahkan untuk mencari solusi bagi masalah-masalah yang ditemukan di internet. Ringkasnya, Ubuntu merupakan pilihan yang tepat untuk dapat dipergunakan sebagai alat kerja sehari-hari baik pada bidang pendidikan, rumahan maupun perkantoran.

Mengapa menggunakan Ubuntu :

  • Tersedia dukungan panjang pada versi LTS ( Long Term Support )
  • Tampilan User Friendly dan komunitas yang aktif
  • Hampir keseluruhan aplikasi populer dapat berjalan dengan baik.

2. Distro LinuxMint untuk Pemula Seperti Kamu

Distro Sistem Operasi Linux LinuxMint

Linux Mint merupakan sistem operasi Linux yang saat ini sedang berkembang dan banyak menggaet pengguna baru, dan faktanya merukapan Distro yang cepat berkembang dan beradaptasi dengan penggunanya. Saat ini, LinuxMint merupakan salah satu penantang baru Ubuntu yang telah lebih dahulu menancapkan kukunya. Linux Mint sendiri dipilih oleh banyak pemula untuk berganti dari sistem operasi windows atau menjadikanya dual boot karena alasan kemudahan yang diberikan kepada pengguna. Keunggulan lain adalah tidak memerlukan banyak waktu untuk dapat menggunakan distro Linux Mint ini karena proses install dan pemasangan aplikasi office suite yang relatif cepat.

Mengapa Pemula Memilih Linux Mint

  • Tampilan desktop menawan dari Cinnamon yang mudah dipergunakan
  • Memiliki akses ke gudang perangkat lunak Ubuntu
  • Dukungan dari komunitas yang aktif dan sangat membatu
  • Pengalaman pengguna yang menyenangkan

3. Distro Sistem Operasi Linux CentOS Untuk Server Layananmu

7 Distro Sistem Operasi Linux Terbaik di Indonesia | Distro Sistem Operasi Linux

CentOS merupakan turunan dari RedHat Linux yang terkenal itu, yang merupakan versi komunitas atau gratis dari RedHat. Banyak sekali pilihan distribusi linux untuk server yang dirilis diluaran sana namun untuk sistem operasi server CentOS merupakan pilihan yang terbaik dan sangat tepat. Mengapa CentOS Linux baik untuk sistem operasi server adalah dukungan perangkat kersa server, keamanan diperoleh dari update dan patch, sangat efisien terhadap daya, serta kinerja yang terus dioptimalkan.

Untuk mendapatkan layanan prima layaknya RedHat tidak perlu untuk membeli layanan service update dari RedHat, cukup pergunakan CentOS karena sumberdaya pengembangan CentOS sendiri berasal dari distro sistem oeprasi linux RedHat, sudah tentu diikuti dengan standar kualitas yang sama. Bisa dikatakan bahwa CentOS merupakan edisi komunitas yang didukung sepenuhnya oleh RedHat, mengapa seperti itu, karena hampir seluruh perangkat lunak yang dipergunakan dapat sejalan dan kompatibel dengan RHEL dan seluruh perangkat lunak dalam gudang perangkat lunak (Repository) telah diuji dan dicoba kestabilannya sesuai dengan standar RedHat.

Mengapa Sistem Operasi CentOS Untuk Server

  • CentOS adalah versi gratis dari RedHat
  • Paket manajemen mudah dengan rpm dan Yum
  • Dukungan dari Industri Teknologi karena menggunakanya juga
  • Update dan Upgrade perangkat lunak memiliki dukungan jangka panjang

4. Ubuntu MATE Distro Sistem Operasi Linux Untuk Perangkat Lama

7 Distro Sistem Operasi Linux Terbaik di Indonesia | Distro Sistem Operasi Linux

Memilih distro sistem operasi linux untuk perangkat hardware yang sudah lama memang memusingkan karena keterbatasannya, namun di Linux selalu ada jalan untuk mengatasi hal tersebut dan salah satu dari sekian banyak solusi adalah menggunakan Ubuntu MATE. Jika kamu adalah orang yang percaya bahwa setiap teknologi tersebut harus aman dipergunakan, maka akan terasa sangat ironis sekali melihat masih banyak perkantor baik pemerintah dan swatsta dan bahkan dunia perbangkan yang masih menggunakan Windows XP untuk pekerjaan sehari-hari mereka, dimana seperti diketahui bahwa Windows XP sudah tidak lagi mendapatkan update keamanan baik itu dari virus, malware maupun kejahatan internet lainnya. Kembali lagi ke solusi Linux, ketika hardware sudah ketinggalan jaman dan masih belum tersedia sumber daya untuk memperbaharuinya serta mempertimbangkan faktor keamanan informasi maka pergunakan Ubuntu MATE sebagai pilihan serta pastikan versi paling minimum adalah Ubuntu Mate 17.10 karena pada versi ini terdapat banyaks sekali perbaikan dan fitur-fitur baru.

Merujuk pada rilis resmi dari Ubuntu Mate, sistem operasi linux ini hanya memerlukan RAM sebesar 512MB, ada distro sistem operasi linux lain seperti Puppy Linux serta Bodhi Linux, namun Ubuntu Mate masih menjadi pilihan utama karena kestabilan dan kinerja disertai dukungan Canonical dibelakangnya.

Mengapa Ubuntu Mate untuk perangkat lama

  • Terdapat banyak pilihan layout tampilan
  • Memiliki komunitas yang cukup aktif
  • Kinerja yang ringan dan stabil
  • Akses ke gudang perangkat (repository) lunak Ubuntu

5. Distro Sistem Oeprasi Linux Untuk Hacking Offensive ( Ethical Hacking ) Kali Linux

7 Distro Sistem Operasi Linux Terbaik di Indonesia | Distro Sistem Operasi Linux

Tertarik dengan dunia hacking dan keamanan di internet sudah pasti pernah sedikit banyak mendengar tentang Distro Kali Linux. Kali Linux dengan tools-tools yang sangat mendukung kerja-kerja untuk melakukan analisa kerentanan terhadap infrastruktur teknologi informasi seperti, serangan terhadap wifi, aplikasi berbasis web, sistem operasi server dan aplikasi didalamnya. Selain itu, tools-tools lain yang ada adalah meliputi digital forensic dan lain sebagainya. Sebagian besar paket-paket yang terdapat dalam distro linux yang satu ini diambil dari repository debian yang terkenal dengan fokus utama pada kestabilan dan keamanan.

Hadir dengan desktop dilengkapi fitur yang oke, Kali Linux juga memiliki kemampuan untuk dapat bekerja pada perangkat-perangkat kecil seperti Raspberry Pi, Chromebook, BeagleBone Ordroid dan perangkat sejenis lainnya. Bagi pengguna Android tidak perlu berkecil hati karena Kali Linux hadir dengan Kali NetHunter. Distro Sistem Operasi Linux Kali Linux ini merupakan pilihan utama untuk dapat melakukan Ethical Hacking selain distro linux Parrot OS serta BlackArch.

Mengapa menggunakan Kali Linux

  • Tersedia banyak alat untuk melakukan ethical hacking
  • Rilis yang terus reguler
  • Berbasis debian paling stabil
  • Sumber pengetahuan dan informasi belajar yang banyak di internet

6. Distro Sistem Oeprasi Linux Untuk Gamers Stream OS

7 Distro Sistem Operasi Linux Terbaik di Indonesia | Distro Sistem Operasi Linux

Tidak banyak gamer yang tahu bahwa saat ini Linux telah memiliki sistem operasi yang fokus kepada game. Dari banyak rilis distro linux, Steam OS merupakan pilihan yang utama saat ingin bermain game mengunakan Linux. Steam OS telah disesuaikan atau tweak pada kernel untuk dapat memastikan kinerja saat dipergunakan memain game lebih baik dan stabil. Distro Sistem Operasi Linux Steam OS ini juga menyediakan dukungan terhadap perangkat GPU, gamepad dan perangkat-perangkat keras lainnya.

Dirilis dan dibuat oleh raksasa game Valve, yang merupakan perusahaan raksasa dibelakang platform online game yang terkenal Steam. Distribusi Linux yang satu ini memang didesain dan dikembangkan sangat khusus untuk dapat memainkan ribuan game yang telah tersedia pada platform steam store. Menggunakan tampilan desktop Gnome yang mains, steam os juga mendapatkan popularitas dari Box Steam.

Pilihan Gamer Steam OS ?

  • Sistem Operasi dikembangkan khusus fokus untuk game, dengan fitur terbatas untuk penggunaan lain.
  • Antarmuka pengguna yang menarik dengan Gnome
  • Sangat kompatibel dengan banyak macam perangkat keras (hardware) game
  • Perpustakaan game ribuan di Steam Store.

7. Debian Linux untuk Distro Pemrograman

Distro Sistem Operasi Linux
Distro Sistem Operasi Linux

All hail Debian!!, merupakan distro sistem operasi linux yang sangat cocok dan disarankan untuk para programmer yang disesuaikan dengan kebutuhan tersebut. Debian menyediakan hampir keseluruhan aplikasi perangkat lunak untuk programming, jadi bagi yang suka melakukan koding dan utak atik program, debian linux sangat disarankan.

Debian Linux terkenal dengan koleksi-koleksi paket perangkat lunak yang memiliki reputasi diuji dengan teratur, selalu diperbaharui dan stabil. Debian sangat terkenal dengan stabilitasnya, meskipun ada paket tertentu dengan versi terbaru, belum tentu debian menyediakan di repository sebelum dilakukan uji coba tingkat kestabilan dan keamanannya.

  • Platform sistem operasi yang sangat cocok untuk programer dan pengembangan.
  • Pilihan paket-paket perangkat lunak yang banyak dan sangat stabil.
  • Manajemen paket menggunakan APT yang populer.

7 Distro Sistem Operasi Linux Terbaik di Indonesia dengan ini telah selesai diakhiri oleh Steam OS. Jadi untuk menentukan distro linux mana yang sebaiknya dipergunaakn sudah dapat menentukan dengan mudah dengan informasi daftar distribusi linux diatas.

Related Posts

Posting Komentar