Cara Install Visual Studio Di Ubuntu 20.04 | 18.04

Posting Komentar

Cara Install Visual Studio di Ubuntu 20.04. Visual Studio merupakan aplikasi lintas sistem operasi atau cross-platform editor bahasa pemrograman dibuat dan dikembangkan oleh raksasa perusahaan teknologi Microsoft. Aplikasi ini tersedia pada sistem operasi Windows, Mac OS dan Linux.

Secara bawaan telah mendukung integrasi dengan Git, syntax highlight, code completion dan mengabungkan simplisitas dan kecepatan untuk setiap pengembang yang ingin membuat aplikasi yang mendukung multi sistem operasi atau multi platform.

Mendapatkan manfaat lebih dari sekedar syntax highlighting dan autocomplete menggunakan intellSense, memberikan fitur smart completions berdasarkan pada tipe variabel, definisi dari fungsi, dan imported module. Kita bisa melihat diffs, stage file dan melakukan commits secara langsung melalui editor.

Editor simpel dan lengkap ini tersedia untuk Windows, Mac OS dan Ubuntu 20.04, Ubuntu 18.10 dan Ubuntu 18.04 desktop. Setelah yakin akan melakukan installasi visual studio di ubuntu ikuti panduan berikut ini :

Cara Install Ubuntu 20.04 LTS Server Minimalis

Daftar Repository Ubuntu 20.04 LTS Lengkap Server Indonesia

Daftar Repository Ubuntu 19.04 Lengkap Server Indonensia

Memulai Install Visual Studio di Ubuntu 20.04

Untuk dapat melakukan install visual studio melalui repository bawaan, saat menambahkan repository resmi dan melakukan menggunakan repository ini sebagai sumber utama, setiap ada update terbaru dari visual studio di ubuntu 20.04 maka akan secara otomatis melakukan download dan update. Pada beberapa kasus, akan sangat disarankan untuk melakukan installasi melalui repository resmi visual code dan ubuntu, karena akan sangat memudahkan bagi pemula untuk mengelolanya.

Install Visual Studio di Ubuntu 20.04 Melalui Repository

Menambahkan repository resmi dari visual studio sebelum melakukan installasi, tambahkan repository dengan perintah dibawah ini

sudo apt update
sudo apt install software-properties-common apt-transport-https wget

Lakukan perintah dibawah ini untuk menambahkan repository Visual Studio dari microsoft ke dalam Ubuntu 20.04

wget -q https://packages.microsoft.com/keys/microsoft.asc -O- | sudo apt-key add -
sudo add-apt-repository "deb [arch=amd64] https://packages.microsoft.com/repos/vscode stable main"

Berikutnya jalankan perintah dibawah ini untuk memulai install visual studio di ubuntu 20.04

sudo apt install code

Cara Install Visual Studio di Ubuntu 20.04 Melalui Paket DEB

Untuk dapat melakukan installasi Visual Studio melalui paket DEB, silakan merujuk pada link dibawah dan melakukan download paket DEB dari Visual Studio pada situs resminya. Sesuaikan dengan arsitektur dimana visual code ini akan di install, apakah 32bit atau 64bit.

Download Visual Studio untuk Ubuntu 20.04

Download Paket Visual Studio

Download paket diatas dan simpan pada desktop, atau kalau berjalan otomatis akan tersimpan pada folder /Downloads pada home direktori.

Hasil Download Visual Studio di Ubuntu 20.04

Buka folder Download dan lakukan klik kanan pada paket visual studio dan pilih Open With Software Install

Cara Install Visual Studio di Ubuntu 20.04 Dengan Paket DEB
Cara Install Visual Studio di Ubuntu 20.04 Dengan Paket DEB

Saat muncul seperti gambar dibawah ini Klik Install

04. Cara Install Visual Studio di Ubuntu 20.04

Umumnya akan muncul untuk melakukan konfirmasi dengan memasukan password untuk segera melanjutkan proses installasi visual code. Saat proses install ini selesai dan siap dipergunakan, untuk menjalakan Visual Code buka melalui Activities Overview dan cari dan jalankan Visual Studio Code dan akan tampil seperti halaman dibawah ini.

Cara Install Visual Studio di Ubuntu 20.04 | 18.04 | install visual studio di ubuntu

Cara Install Visual Studio di Ubuntu 20.04 Melalui SNAP

Apabila menemukan kendala dengan kedua cara diatas untuk dapat menginstall Visual Studio, maka dapat menggunakan snap untuk melakukan installasi visual studio melalui Manajemen Paket Snap. Cara ini mungkin yang paling cepat dari kedua langkah diatas. Snap sistem manajemen paket dan pengembangan paket yang dikembangkan oleh canonical dan disertai dengan keseluruhan dependencies untuk dapat berjalan disemua distribusi Linux yang populer, Snap dapat melakukan update secara otomatis dan dapat melakukan roll back dengan mudah juga.

sudo apt install snapd
sudo snap install vscode --classic

Cara Install Visual Studio di Ubuntu 20.04 ini telah selesai dengan langkah pamungkas mengunakan Snap, apabila ada masukan dan kendala silakan komentar dibawah dan jangan lupa mengunjungi artikel-artikel menarik lainnya mengenai ubuntu 20.04. Jika ingin panduan tertentu ada di makeitfossible mengenai aplikasi yang ada di Ubuntu silakan melakukan juga komentar dibawah.

Related Posts

Posting Komentar