Cara Install Webserver Apache Di Ubuntu 20.04

Posting Komentar

Cara install webserver apache di ubuntu 20.04, Apache HTTP Server merupakan webserver yang sangat populer dan banyak dipergunakan di dunia. Terdapat banyak sekali fitur-fitur yang mendukung serta module yang dinamis, dukungan media yang banyak serta dapat di integrasikan dengan software-software populer lainnya.

Syarat Cara install Webserver Apache di Ubuntu 20.04

Sebelum memulai tutorial cara install apache ini, umumnya akan terdapat user reguler bukan root dengan hak akses sudo. Sebaga tambahan, diperlukan pengaturan dasar firewall untuk menutup port-port yang tidak essensial dan berpotensi menjadi celah keamanan. Untuk pengaturan dasar firewall dan kebutuhan dasar server ubuntu 20.04 LTS dapat mengikuti Pengaturan Awal Server Ubuntu 20.04 LTS Minimalis Yang Wajib Dilakukan

1. Install Apache Webserver di Ubuntu 20.04 LTS

Paket Webserver Apache secara default sudah terdapat pada repository Ubuntu 20.04 LTS, sehingga proses install webserver apache ini dapat dengan mudah dilakukan melalui manajemen paket.

Update terlebih dahulu repository untuk mendapatkan daftar paket yang paling baru. Untuk mempercepat proses update dan upgrade dapat mengikuti panduan Repository Ubuntu 20.04 Focal Fossa Indonesia Lengkap terlebih dahulu untuk yang berada di Indonesia.

$sudo apt update

Lanjutkan dengan install paket apache2

$sudo apt install apache2

Apt akan melakukan installasi Apache2 beserta paket-paket lainnya yang dibutuhkan oleh apache2. Tunggu proses sampai dengan selesai.

2. Pengaturan Firewall

Sebelum melakukan ujicoba hasil install apache2, terlebih dahulu yang harus dilakukan adalah membuat firewall kita memperbolehkan akses ke default port http/web. Pada saat proses installasi, Apache melakukan registrasi profile secara otomatis agar UFW (uncomplicated firewall) mengenali beberapa pengaturan Apache yang dapat dipergunakan untuk melakukan enable dan disable akses ke Apache.

Untuk dapat melihat list profile apa saja yang tersedia dapat dengan perintah berikut

$ sudo ufw app list

Daftar profile akan tampil seperti berikut

Output
Available applications:
Apache
Apache Full
Apache Secure
OpenSSH

Seperti yang terlihat pada output diatas, berikut ini adalah beberapa profile yang tersedia untuk Apache

  • Apache : profile ini hanya akan membuka port 80 saja dan merupakan default serta tidak ter-enkripsi.
  • Apache Full : profile ini akan membuka port 80 serta port 443 (TLS/SSL) yang ter-enkripsi.
  • Apache Secure : untuk profile terakhir ini hanya akan membuka port 443 dan sangat direkomendasikan karena dapat meningkatkan SEO (Serach Engine Optimization)

Sangat sekali disarankan untuk membuka akses pada pilihan port yang paling aman. Karena tutorial cara install webserver apache di ubuntu 20.04 ini tidak akan melakukan konfigurasi apache untuk berjalan pada SSL/TLS maka port yang akan dibuka hanyalah port default webserver 80.

$ sudo ufw allow 'Apache'

Untuk memastikan status port 80 telah terbuka

$sudo ufw status
Output
Status: active

To Action From
-- ------ ----
OpenSSH ALLOW Anywhere
Apache ALLOW Anywhere
OpenSSH (v6) ALLOW Anywhere (v6)
Apache (v6) ALLOW Anywhere (v6)

3. Periksa Hasil Install Apache Webserver di Ubuntu 20.04

Saat proses install apache webserver di ubuntu 20.04 LTS berakhir, secara otomatis ubuntu akan menjalakan apache. Webserver seharusnya telah berjalan, untuk memastikan bahwa apche webserver telah berjalan dengan baik adalah sebagai berikut

$sudo systemctl status apache2
Output
● apache2.service - The Apache HTTP Server
Loaded: loaded (/lib/systemd/system/apache2.service; enabled; vendor preset: enabled)
Active: active (running) since Thu 2020-04-23 22:36:30 UTC; 20h ago
Docs: https://httpd.apache.org/docs/2.4/
Main PID: 29435 (apache2)
Tasks: 55 (limit: 1137)
Memory: 8.0M
CGroup: /system.slice/apache2.service
├─29435 /usr/sbin/apache2 -k start
├─29437 /usr/sbin/apache2 -k start
└─29438 /usr/sbin/apache2 -k start

Seperti yang tampak pada hasil diatas, saat ini apache telah berjalan. Selain dari hasil diatas yang dapat dilakukan adalah melakukan akses default landing dari Apache dengan akses menggunakan IP Address dari server ubuntu 20.04 LTS, dan hasilnya akan tampak seperti pada gambar dibawah ini.

Default Landing Page Apache Webserver di Ubuntu
Default Landing Page Apache Webserver di Ubuntu

Jika hasil dari melakukan akses webserver melalui IP Address telah tampak seperti diatas maka Cara Install Webserver Apache di Ubuntu 20.04 LTS telah selesai dilakukan, selanjutnya dapat menambahkan VirtualHost untuk proyek-proyek keren kalian.

Related Posts

Posting Komentar