Tutorial Cara Membuat Bootable Ubuntu Server 18.04 Di Flashdisk

Posting Komentar

Cara Membuat Bootable USB Ubuntu Server 18.04

Tutorial Cara membuat Bootable Ubuntu Server 18.04 di Flashdisk ini dengan bertujuan untuk menjadikanya bootable usb. Untuk dapat membuat ubuntu usb installer di windows diperlukan sebuah software yang dapat melakukan hal tersebut agar lebih mudah.

Pada tutorial kali ini software pembuat usb bootable installer ubuntu yang dipilih adalah dengan menggunakan Rufus. Rufus saat ini sudah sampai pada versi Rufus 3.5. Rufus sendiri merupakan salah satu dari sekian banyak software ubuntu usb installer creator yang dapat berjalan pada sistem operasi windows.

Download Rufus Ubuntu USB Installer Software

Rufus dapat berjalan pada sistem operasi windows 7, windows 10 dan pada tutorial membuat usb installer Ubuntu Server kali ini akan menggunakan windows 8.1 buka dan download Rufus pada website dibawah ini.

Download Ubuntu Server 18.04 LTS

Untuk membuat Bootable Ubuntu Server 18.04 sudah tentu harus memiliki ISO Ubuntu terlebih dahulu. Download iso Ubuntu Server 18.04 dan pastikan mendapatkan yang paling baru pada website resmi ubuntu dibawah ini.

Besaran file ISO tersebut kurang lebih 850Mb, jadi persiapkan quota atau numpang di wifi tetangga.

Baca Juga :

Cara Install LAMP ( Linux,Apache,MySQL,PHP) Ubuntu

Cara Install Ubuntu 18.04 Bionic Beaver Desktop

USB Flasdisk Untuk Ubuntu 18.04 Server

Setelah mendapatkan Rufus dan ISO Ubuntu Server 18.04 maka tinggal satu yang wajib dan harus ada, karena hal itu yang menjadi alasan kenapa tutorial membuat bootable usb ubuntu ini dibuat. Besaran flashdisk yang minimum harus dipersiapkan adalah sebesar 4GB. Akan lebih bagus lagi apabila usb flashdisk tersebut sudah menggunakan teknologi USB 3.

PERHATIAN!!

Sebelum membuat USB installer Ubuntu 18.04 Server LTS pastikan terlebih dahulu melakukan backup atau sudah yakin bahwa USB Flashdisk kosong dan tidak dipergunakan untuk menyimpan data, karena akan diformat.

Tutorial Membuat Ubuntu Server 18.04 Dengan Rufus di Windows

Setelah semua perlatan yang dibutuhkan selesai dipersiapkan sekarang waktunya membuat Bootable Ubuntu Server 18.04 di Flashdisk dengan mengikuti langkah langkah sebagai berikut ini.

Buka Rufus 3.5 yang telah didownload tadi.

Buka Software Rufus USB Installer Maker

Tancapkan USB Flashdisk pada usb port dan otomatis akan terdeteksi seperti gambar dibawah ini.

2 Pilih USB Flashdisk Rufus

Klik Select untuk memilih ISO Ubuntu Server 18.04 dan akan tampil seperti gambar berikut.

3 Select dan Pilih ISO Ubuntu Server 18.04

Navigasi ke tempat dimana ISO Ubuntu Server 18.04 seperti pada gambar diatas dan klik Open

4 Memilih Partition Scheme GPT target sistem UEFI

Pemilihan Partition Scheme menggunakan GPT dengan Target system UEFI (non CSM) lanjutkan dengan Klik Start

5 ISO Hybird Write in ISO Image Mode

Rufus otomatis melakukan deteksi pada jenis ISO, dari informasi diatas dapat diketahui bahwa ISO Ubuntu Server 18.04 adalah ISOHybird dan metode yang disarankan adalah Write in ISO Image mode, yang mememungkinkan flashdisk tetap dapat di akses meskipun setelah pembuatan USB Installer Ubuntu ini selesai. Klik OK

6 Konfirmasi Format Flashdisk

Pemberitahuan sebelum proses berjalan akan muncul seperti gambar diatas dan memperingatkan bahwa Flashdisk akan di format sehingga data didalamnya akan hilang, jika sudah yakin Klik OK

7 Format Flashdisk dan Membuat Bootable USB Installer Ubuntu Server

Proses pembuatan USB Installer Ubuntu Server 18.04 sedang berjalan tunggu proses selesai, jika tidak terjadi error saat pembuatan akan berakhir seperti gambar dibawah ini.

8 Proses Membuat USB Installer Ubuntu Server 18.04 Dengan Rufus Selesai

Selesai, proses pembuatan sudah selesai tanpa terjadi error. Karena tadi memilih Write iso in image mode maka saat diakses flashdisk pada windows akan tetap bisa diakses seperti gambar berikut.

9 Hasil Membuat USB Installer Ubuntu Server 18.04 Dengan RufusJPG

Baca Juga :

Cara Install Debian 9 Stretch

Cara Install CentOS 7.5 Server Minimal Terbaru

Selamat sekarang Ubuntu USB Installer telah dapat dipergunakan, reboot komputer dan pilih boot pertama ke Port USB. Demikian tutorial Cara Membuat Bootable Ubuntu Server 18.04 di Flashdisk ini ditulis semoga bermanfaat.

Related Posts

Posting Komentar