Cara Install CentOS 7.5 Server Minimal Terbaru

Posting Komentar

Tutorial Cara Install CentOS 7.5 Server Minimal

Cara Install CentOS 7.5 Server Minimal Terbaru ini dibuat untuk menjadi panduan langkah demi langkah melakukan install CentOS 7.5 pada server. Namum sebelum itu, berikut ini adalah informasi mengenai rilis versi centos terakhir. Saat ini CentOS 7.5 terbaru adalah build 1810 yang telah tersedia untuk semua arsitektur. Rilis CentOS 7.5 1810 kali ini berbasiskan pada Red Hat Enterprise Linux 7.5 dimana distro satu ini terkenal pada kalangan Enterprise.

Versi terbaru dari CentOS 7.5, platform Linux yang didasarkan pada sumber Red Hat Enterprise Linux 7.5, telah dirilis pada bulan Mei tahun ini dengan banyak perbaikan bug, paket & upgrade baru, seperti Microsoft Azure, Samba, Squid, libreoffice, SELinux, systemd dan lainnya dan mendukung prosesor Intel Core i3, i5, i7 generasi ke-7.

Sangat disarankan untuk membaca catatan rilis serta catatan teknis terlebih dahulu tentang perubahan apa saja yang terjadi sebelum pemasangan atau melakukan upgrade.

https://lists.centos.org/pipermail/centos-announce/2018-May/022829.html

Mendapatkan ISO CentOS 7.5 Server Minimal 1810

Untuk mendapatkan ISO CentOS yang terbaru dapat merujuk pada beberapa tautan berikut ini :

http://kambing.ui.ac.id/iso/centos/7.5.1804/isos/x86_64/CentOS-7-x86_64-Minimal-1804.iso
http://centos.biz.net.id/7/isos/x86_64/CentOS-7-x86_64-Minimal-1810.iso

Besaran file iso CentOS 7.5 Minimal 1810 tersebut kurang lebih adalah 900mb, untuk membuat media installer dibutuhkan 1 DVD atau menggunakan USB Flashdisk. Karena panduan ini spesifik server maka yang didownload adalah CentOS 7.5 Minimal. Untuk versi lain yang lebih lengkap adalah sebagai berikut :

Dibawah ini versi everything dengan besaran 9Gb

http://kambing.ui.ac.id/iso/centos/7.5.1804/isos/x86_64/CentOS-7-x86_64-Everything-1804.iso
http://centos.biz.net.id/7/isos/x86_64/CentOS-7-x86_64-Everything-1810.iso

Dan yang dibawah ini versi normal dengan besaran kurang lebih 4GB

http://kambing.ui.ac.id/iso/centos/7.5.1804/isos/x86_64/CentOS-7-x86_64-DVD-1804.iso
http://centos.biz.net.id/7/isos/x86_64/CentOS-7-x86_64-DVD-1810.iso

Cara Membuat Bootable USB CentOS 7.5 Server Minimal

Pada panduan ini media installasi yang akan dipergunakan adalah dengan menggunakan USB Flashdisk. Apabila belum mengetahui cara untuk membuat bootable usb flashdisk untuk CentOS 7.5 Minimal Server paling baru. Silakan untuk mengikuti panduan berikut ini :

Baca : Cara installer usb bootable

Sebelum membuat usb flasdisk installer pastikan terlebih dahulu bahwa flasdisk tersebut kosong atau memang sudah tidak dipergunakan. Saran besaran flashdisk yang di pergunakan adalah 8Gb atau lebih besar lebih bagus.

Kebutuhan Hardware Minimum CentOS 7.5 Server Minimal

Minimal Installasi Mode Grafis :

  • Memori 1 GB
  • 1 CPU atau vCPU
  • 1 NIC
  • Minimal 10 GB ruang harddisk, Tapi 20 GB direkomendasikan.

Batas Maksimum Yang Didukung :

  • CPUs in x86_64 is 5120
  • Memory in x86_64 is 64 TB
  • Maximum supported file system size for ext4 1 Exabyte. (EB)
  • Maximum supported file system size for XFS 500 TB.
  • Maximum supported BIOS / EFI boot LUN size <2TB / 50TB

Memulai Cara Install CentOS 7.5 Server Minimal

Pasang usb flashdisk yang telah dibuat sebelumnya dan lakukan restart atau reboot pada server. Untuk melakukan instalasi CentOS 7.5 dengan benar pada mesin berbasis UEFI, pertama-tama mauk kedalam BIOS pada bagian pengaturan UEFI dengan menekan tombol khusus (F2, F11, F12 tergantung pada spesifikasi motherboard) dan pastikan bahwa opsi QuickBoot / FastBoot dan Secure Boot disable.

Cara Install CentOS 7.5 Server Minimal Terbaru | 1. Cara Install CentOS 7.5 Server Minimal

Tekan tombol enter untuk memulai instalasi atau tunggu selama 5 detik untuk memulai dengan instalasi secara otomatis.

Cara Install CentOS 7.5 Server Minimal Terbaru | 2. Cara Install CentOS 7.5 Server Minimal

Pada jendela berikutnya, kita akan mendapatkan daftar bahasa untuk memilih yang perlu tersedia selama proses instalasi. Secara default, Bahasa Inggris Amerika Serikat akan dipilih. Ini sebagian besar akan digunakan sebagai bahasa default. Klik Continue untuk melanjutkan.

Cara Install CentOS 7

Dengan mengikuti di jendela berikutnya, kita akan mendapatkan ikhtisar ringkasan pemasangan. Di sini kita diharuskan memilih Date/Time, Keyboard Layout, bahasa mana yang perlu digunakan di level sistem, Sumber instalasi ini bisa berupa media lokal, HTTP, FTP. Dengan mengikuti pemilihan perangkat lunak mana (Jenis server apa yang perlu diinstal. Mungkin itu bisa server FTP saja, server transfer file, Host Virtualisasi, Print Server dll.).

Cara Install CentOS 7

Dengan Klik Date &Time dari halaman ringkasan instalasi, kita akan mendapatkan jendela Tanggal & Waktu untuk memilih zona waktu dan waktu yang diperlukan. Saya tinggal di Indonesia sehingga memilih dengan zona waktu sebagai Asia / Jakarta. Klik “Selesai” untuk melanjutkan.

Cara Install CentOS 7

Sumber instalasi dapat berupa CD-ROM, USB Flasdisk atau dari server HTTP. Selain itu, jika kita ingin menambahkan dengan repositori tambahan lainnya dapat dilakukan pada bagian ini. Mengenai instalasi dari sumber lain akan ditulis panduan cara install yang berbeda. Klik Done untuk melanjutkan

Cara Install CentOS 7

Lanjutkan paket-paket server apa yang perlu dibangun. Klik pada “Software Selection” dan pilih “Minimal Install” pada bagian Base Environment dan klik “Done” di sudut kiri atas untuk membuat perubahan dan membawa kembali ke jendela ringkasan.

Cara Install CentOS 7

Memilih harddisk untuk tujuan instalasi dan menyesuaikan ukuran yang diperlukan dari filesystem sangat penting. Klik “Installation Destination” untuk memilih harddisk mana yang perlu diinstal sistem operasi.

Cara Install CentOS 7

Pilih harddisk pertama dan pilih “I will configure partitioning” lalu klik “Done”. Dengan mengikuti kita akan mendapatkan jendela partisi manual.

Klik simbol “+” untuk menambahkan partisi yang diperlukan dan membuat partisi lain untuk sistem.

Cara Install CentOS 7

Langkah pertama yang perlu kita tambahkan dengan partisi / boot adalah ukurannya 1 GB. Pada bagian mount point pilih / boot dan Di bawah kapasitas yang diinginkan memberikan ukuran 1G. Ketika menggunakan “G” pada belakang angka, hal tersebut bermakna GigaByte. Klik “Add mount point” untuk menambahkan dengan sistem file boot baru.

Cara Install CentOS 7

Pilih partisi yang ditambahkan dan pilih jenis perangkat sebagai “Standart” untuk mount point boot. Sistem file yang tersisa akan dijadikan Logical Volumen Management (LVM).

Cara Install CentOS 7

Pada mount point isikan ” / “ dengan besar kapasitas 15GB. Dan selanjutnya susunan partis akan sebagai berikut

  • /home dengan 2G,
  • / var dengan 6G dan
  • Swap 2 GB.

Pastikan semua dibuat pada LVM dan untuk ukuran Swap yang tepat adalah dengan x2 dari ukuran fisik RAM/Memory yang tersedia.

Cara Install CentOS 7

Setelah membuat dengan mount poin yang diperlukan itu akan muncul seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Klik “Done” untuk melanjutkan.

Cara Install CentOS 7 minimalist

Klik “Accept Changes” untuk membuat dengan partisi dan sistem file.

Cara Install CentOS 7

Kembali ke halaman utama Klik“Network & Hostname” untuk melakukan konfigurasi IP manual.

Cara Install CentOS 7

Klik “Configure” untuk melanjutkan dengan mengkonfigurasi antarmuka.

Pada tab “General” klik
“Automatically connect to this network when it is available”

Cara Install CentOS 7

Untuk mengkonfigurasi IP manual pilih “IPv4 Settings”. Pilih manual dalam metode untuk mengonfigurasi dengan mengisikan informasi IP.

Install CentOS 7

Pada bagian Method : Manual selanjutnya klik “Add” masukan IP Address, Netmask, Gateway sesuai dengan jaringan yang ada. Pada bagian DNS Server isikan dengan dns Google 8.8.8.8 atau sesuaikan dengan jaringan lokal. Dapat berisikan 2 alamat DNS Server dengan memberikan tanda koma. Pada Search domains di contoh atas berisikan nama host, dapat juga di kosongkan. Klik Save untuk menyimpan

Install CentOS 7

Geser pada posisi ” ON ” di sudut kanan atas untuk mengaktifkan ethernet saat boot. Dan klik “Done”

Install CentOS 7 Server<br />

Klik “Begin Installation” yang akan membawa ke jendela berikutnya dan meminta untuk membuat dengan kata sandi root.

Cara Install CentOS 7.5 Server Minimal

Klik pada “Root Password” untuk mengisikan password username root dan klik ” User Creation” menambahkan pengguna baru dan sangat disarankan, karena nanti saat mengelola akan menggunakan perintah SU untuk mendapatkan akses ke root.

Cara Install CentOS 7.5 Server
Cara Install CentOS 7.5
Cara Install CentOS 7

Seperti yang terlihat pada gambar diatas proses Installasi CentOS 7.5 Server Minimal telah selesai dilakukan. Klik “Reboot” untuk segera menggunakan Server CentOS sesuai dengan kebutuhan.

Demikian proses Cara Install CentOS 7.5 Server Minimal Terbaru ini dibuat dan semoga bermanfaat. Silakan tulis pada kolom komentar apabila ingin dibuat panduan yang lain.

Related Posts

Posting Komentar