memperbaiki iso yang rusak menggunakan rsync

Posting Komentar


Beberapa hari yang lalu, rekan Heri Arbiata dari Aceh Tengah yang sedang menjalankan migrasi Open Source di Aceh Tengah bertanya soal ini, saya berjanji untuk menulis tutorialnya, tapi lupa 😀 untung tadi pagi diingatkan.

Baiklah, mulai saja.

Untuk memperbaiki iso yang (misalnya) md5sum nya tidak sesuai, Bisa menggunakan rsync, sebagaimana dikatakan oleh dokumentasi manual rsync yang bisa dilihat dari perintah “man rsync” (tanpa tanda kutip) :

Rsync  finds  files  that need to be transferred using a “quick check” algorithm (by default) that looks for files that have changed in size or in last-modified time.

Yang _maknanya_ kurang lebih rsync mencari berkas yang _hanya perlu_ ditransfer, jadi tidak semua berkas.

Baik, untuk menggunakan rsync contohnya sebagai berikut. Misalnya saya punya berkas iso BlankOn, dengan nama :

* blankon-6.1-cdlive-i386.iso

Setelah saya cek menggunakan md5sum, hasilnya ternyata berbeda dengan md5sum yang ada di server tempat mengunduh BlankOn, Untuk itu saya ingin memperbaikinya. Sebagai contoh, berkas tersebut saya simpan di direktori :

* /home/somat/blankon-6.1-cdlive-i386.iso

Langkah pertama yang saya lakukan adalah memilih server rsync, Dalam contoh ini saya memilih server kambing yang alamatnya

kambing.ui.ac.id::

Yang perlu diingat, alamat server rsync diakhiri dobel titik dua ( :: ), Saya cek dulu apakah server tersebut menyediakan rsync, caranya adalah :

  • Saya buka terminal, melalui menu : Aplikasi > Aksesoris > Terminal
  • Lalu saya mengetik : rsync kambing.ui.ac.id::
  • Jika keluar daftar panjang, berarti server tersebut menyediakan rsync

Nah, sekarang saya bisa melakukan rsync deh, caranya :

  • Buka terminal, langkahnya seperti disebutkan diatas
  • Karena tadi berkas awalnya saya letakkan di /home/somat maka saya pindah direktori dulu dengan perintah : cd /home/somat <tekan enter>
  • kemudian jalankan rsync dengan perintah : rsync kambing.ui.ac.id::blankon-cd/rilis/6.1/blankon-6.1-cdlive-i386.iso . (jangan lupa, pada akhir perintah ada titik nya ( . ) )
  • Nah, sekarang tinggal tunggu sampai selesai rsync nya.
  • Setelah itu periksa kembali md5sum nya, apakah sudah benar atau belum.

Demikian semoga membantu.

Related Posts

Posting Komentar