Open Source untuk Pendidikan TIK di Banten

Posting Komentar

Open Source untuk Pendidikan TIK di Banten

Open Source untuk Pendidikan TIK di Banten

SDC12450

Yayasan AirPutih menyelenggarakan workshop open source serta distribusi komputer dan Laptop di Yayasan Al-Qudwah desa Cilangkap, Rangkasbitung, Banten (17/01/2011). Kegiatan ini diikuti oleh 21 peserta yang berlatar belakang guru Teknologi dan Informasi (TIK) dari 8 sekolah penerima donasi Chevron dan AOSI untuk wilayah Banten. Workshop ini adalah rangkaian dari program donasi Chevron dan AOSI, Yayasan AirPutih bertindak sebagai koordintor pendistribusian komputer dan laptop area Tangerang Banten serta wujud sosialisai open source pada dunia pendidikan.

Materi yang disampaikan dalam kegiatan ini antara lain pengenalan open source dan instalasi linux, pengenalan linux dasar serta sesi diskusi dan tanya jawab seputar pengetahuan peserta tentang open source. Sebagai pemateri pada kegiatan ini adalah Sakra Aprila dan Indahsari dari Yayasan AirPutih serta dibantu tiga mahasiswa dari STT PLN Jakarta. Kegiatan ini mendapat apresiasi positif dari peserta.

Menurut Lily Romadhon, koordinator dari SMP Al-Qudwah, kegiatan ini dapat membantu dalam peningkatan pendidikan khususnya di bidang TIK, serta dari pihak sekolah tertarik untuk menggunakan aplikasi open source yang mempunyai empat prinsip dasar yaitu bebas digunakan, bebas dipelajari, bebas dikembangkan dan bebas digandakan.

Hal serupa juga ditegaskan oleh Akhmad Supriyatna, koordinator dari SMA Bina Putera Kopo Serang, dengan adanya kegiatan ini menambah pengetahuan mereka tentang komputer, sebelumnya yang mereka kenal hanya menggunakan windows. “Ini merupakan terobosan baru dalam pendidikan TIK di sekolah kami, dan kami akan mengembangkan hal ini, serta terima kasih atas bantuan komputer untuk sekolah kami,” ujar Akhmat Supriyatna.

Kegiatan ini ditutup dengan penandatanganan draft berita acara serah terima komputer oleh perwakilan dari sekolah masing-masing serta diharapkan antar sekolah bisa saling berjejaring dalam mengembangkan open source di sekolah. Tindak lanjut dari kegiatan ini adalah adanya monitoring untuk setiap sekolah dalam hal perkembangan penggunaan open source serta membantu jika ada kesulitan dalam hal penerapan open source di sekolah masing-masing (as).

Related Posts

Posting Komentar