Panduan Webmaster Tools

Posting Komentar

Panduan webmaster tools ditujukan buat pemula yang mulai belajar membangun website secara self hosted (dengan hosting sendiri) dengan cms seperti wordpress maupun yang lain, serta pengguna platform blogging seperti blogger.com. Hampir seluruh mesin pencari besar menyediakan webmaster tools untuk setiap pengguna secara gratis. Melalui webmaster tools pengguna dapat melakukan kontrol dan memperbaiki performa dari website pada berbagai mesin pencari.

Pada panduan ini, akan dijelaskan mesin pencari mana saja yang menyediakan webmaster tools dan bagaimana cara untuk menggunakan fasilitas tersebut untuk melakukan optimalisasi website agar dapat tampil pada pencarian setiap mesin pencari yang populer.

Berikut dibawah ini adalh daftar webmaster tools dari mesin pencari yang akan ada pada panduan ini :

  • Google Webmaster Tools
  • Bing Webmaster Tools
  • Yandex Webmaster Tools
  • Yahoo Webmaster Tools
  • DuckDuckGo Webmaster Tools
  • Ask Webmaster Tools
  • Baidu Webmaster Tools

Apa Itu Webmaster Tools ?

Webmaster tools merupakan sebuah fitur yang dirancang oleh mesin pencari untuk dapat mempermudah pemilik dan pengguna website untuk membaca dan melakukan analisa terhadap sebuah website. Dengan webmaster tools, pemilik serta pengelola website dapat dengan mudah melakukan pantauan aktifitas website pada mesin pencari tersebut. Pemantauan yang paling sering dipergunakan adalah analisa pengunjung dan dari mana mereka berasal (demografi) serta informasi mengenai browser apa yang dipergunakan, apakah pengunjung datang dari mesin pencari (organic search) atau dari referensi situs lain.

Apa yang dapat dilakukan dengan webmaster tools ?

Sebelum lebih jauh masuk ke topik, berikut ini adalah informasi apa saja yang dapat dilakukan dengan menggunakan webmaster tools untuk website, berikut ini merupakan fitur yang umum ada pada webmaster tools :

  • Gratis untuk dipergunakan
  • Dapat melakukan verifikasi kepemilikan website dengan berbagai metode
  • Dapat mengirimkan sitemap.xml untuk memperbesar kemungkinan ke index
  • Dapat menampilan dan mengolah performa dari website terhadap hasil pencarian
  • Mendapatkan notifikasi saat terjadi masalah perayapan dan index
  • Memungkinkan mengirimkan satu url setelah update untuk di periksa mesin pencari
  • Mendapatkan analisa terhadap setiap performa terhadap website kita pada mesin pencari tersebut.

Google Webmaster Tools

Google Webmaster Tools merupakan yang paling populer dan banyak dipergunakan, tentu saja hal ini adalah imbas dari popularitas perusahaan Google itu sendiri. Dahulu Google memberi nama Google webmaster tools dan mengubahnya menjadi Google search Console, mengubah tampilan serta menambahkan fitur-fitur baru serta pelaporan (repots).

Google webmaster tools dapat dipergunakan untuk meningkatkan performa kemunculan website kita pada mesin pencari google dan mendapatkan lebih banyak pengunjung organic dari mesin pencari google.

Apa saja yang dapat kita lakukan di Google Webmaster tools ?

Google Webmaster Tools
Google Webmaster Tools

Google Search Console, merupakan bagian terpenting untuk melakukan Search Engine Optimization (SEO), search console dapat dipergunakan untuk memperoleh laporan serta meningkatkan kinerja website pada pencarian google.

Melakukan verifikasi website dengan Google Search Console, melakukan verifikasi terhadap website kita agar dapat dikenali oleh mesin pencari google dan menampilkan data pencarian pengujung website kita.

Menambahkan Sitemap XML, dengan sitemap kita berikan dan diketahui oleh google, maka dapat melakukan penentuan halaman atau bagian mana saja yang kita ingin di index oleh Google. Memberikan informasi sitemap.xml sangat penting dan ini merupakan bagian utama yang pelu dilakukan ke seluruh mesin pencari.

Bing Webmaster Tools

Bing Webmaster Tools
Bing Webmaster Tools

Mesin pencari Bing tidak sepopuler Google, mereka juga menyediakan webmaster tools secara cuma-cuma pagi pemilik website untuk dapat dipergunakan. Bing webmaster tools sendiri dapat dipergunakan untuk meningkatkan performa tampilan dari hasil pencarian untuk mesing pencari Bing.

Perbedaan paling mendasar antara Google dan Bing adalah, Bing mengharuskan setiap pengguna untuk mengirimkan setiap url atau konten baru yang diupdate melalui bing webmaster tools.

Limit dari sebarapa banyak url atau link yang dapat kita berikan pada bing webmaster tools adalah 10.000 url setiap harinya, sedangkan google hanya mengijinkan untuk dapat melakukan pengiriman url sebanyak 10 link setiap harinya.

Perbedaan lain yang dapat ditemukan pada Bing webmaster tools adalah dapat mengaitkan website dengan jejaring media sosial. Setiap link dari media sosial mendapatkan bobot lebih besar untuk dapat tampil dan di index pada mesin pencari Bing.

Yandex Webmaster Tools

Panduan Webmaster Tools | webmaster tools
Yandex Webmaster Tools

Yandex merupakan mesin pencari besutan Rusia dan paling populer disana dengan okupansi pengguna sebanyak 65% dari keseluruhan pengguna internet di Rusia. Meski tidak memiliki target atau pengunjung dari Rusia, tidak ada salahnya memanfaatkan webmaster tools dari Yandex.

Atas pertimbangan Search Engine Optimization (SEO), Yandex memiliki webmaster tools yang sangat lengkap dan terdapat model laporan yang dapat dipergunakan untuk meningkatkan SEO secara umum tidak terbatas hanya pada mesin pencari Yandex.

Yahoo Webmaster Tools

Yahoo tidak lagi menawarkan webmaster tools khusus karena hasil pencarian dari Yahoo sendiri diberikan oleh Bing. Meskipun tidak memiliki webmaster tools tersendiri, hal ini dapat disesuaikan dengan menggunakan Bing Webmaster Tools untuk meningkatkan kemunculan website kita pada mesin pencari Yahoo, yang masih banyak juga pengguna internet di dunia menggunakan mesin pencari Yahoo ini.

DucduckGo Webmaster Tools

Popularitas mesin pencari Duckduckgo meningkat pada beberapa tahun terakhir ini, akan tetapi masih memiliki pengguna yang sangat rendah, jika dibandingkan dengan Google, Bing, Yandex dan mesin pencari populer lainnya.

Duckduckgo tidak melakukan perayapan kepada keseluruhan website seperti dilakukan mesin pencari lainnya, akan tetapi mereka mendapatkan informasi dari sumber lain seperti Wikipedia, StackOverflow, atau mesin pencari khusus seperti Yelp.

Oleh sebab itu DuckandGo tidak memberikan webmaster tools sama sekali, karena setiap perubahan pada konten website kita harus dilakukan dari sumber asli dan duckduckgo akan memperbaharuinya dengan otomatis.

Ask.com Webmaster Tools

Ask.com dahulu merupakan salah satu mesin pencari yang terkenal (sebelumnya bernama Ask Jeeves) akan tetapi sekarang sudah tidak lagi. Ask mendapatkan informasi konten yang mereka tampilkan dari berbagai sumber mitra (seperti Yelp) dan situs web-web besar lainnya, sehingga kini mereka tidak lagi memberikan layanan webmaster tools kepada setiap pengguna mereka.

Baidu Webmaster Tools

Baidu merupakan mesin pencari paling populer dan terbesar saat ini di Cina. Mereka menawarkan berbagai webmaster tools bagi pengguna di China.

Dengan webmaster tools Baidu, dapat melakukan pengiriman konten baru untuk di index, melihat statistik pengunjung serta kata kunci maupun meninjau profil link website kita dan melakukan optimalisasi penampilan website pada mesin pencari Baidu.

Kelemahan dari Baidu adalah tidak tersedianya pilihan bahasa Inggris, semua tampilan Baidu menggunakan bahasa Mandarin. Jika ingin menargetkan pengunjung website dari pasar Cina, menggunakan webmaster tools dari Baidu harus menjadi langkah dan pilihan pertama yang harus segera dilakukan.

Kesimpulan

Salah satu cara untuk dapat meningkatkan kemunculan website kita pada mesin pencari adalah dengan menggunakan webmaster tools dari berbagai mesin pencari yang menyediakannya. Konsep dari keseluruhan webmaster tools adalah sama saja, membuat akun, melakukan verifikasi kepemilikan website, memberikan sitemap, dan menggunakan setiap fitur yang tersedia untuk melakukan analisa dan melakukan update.

Banyak pengelola dan pemilik website terlalu fokus pada satu mesin pencari Google, hal ini tentu baik, namun akan lebih baik jika memanfaatkan mesin pencari lain untuk meningkatkan pengunjung yang bervariasi dari berbagai sumber yang tersedia.

Related Posts

Posting Komentar