Pemrograman

Posting Komentar

Ushahidi yang berarti “Kesaksian” – System yang Memudahkan Kita dalam Memetakan Masalah

Thursday, 30/06/2011, 12:30 WIB | Oleh : Nanang Syaifudin

“Ushahidi”, yang berarti “kesaksian” dalam bahasa Swahili, adalah sebuah website yang awalnya dikembangkan untuk laporan peta kekerasan di Kenya setelah pasca pemilu pada awal tahun 2008. Sejak itu, nama “Ushahidi” menjadi “Platform Ushahidi”.


FrontlineSMS – SMS Gateway yang Mudah dan Praktis

Thursday, 30/06/2011, 11:44 WIB | Oleh : Nanang Syaifudin

Kurangnya komunikasi dapat menjadi penghalang utama untuk membantu organisasi non-pemerintah (LSM) yang bekerja di negara-negara berkembang. FrontlineSMS adalah sistem pesan singkat berbabis teks yang bisa menjadi solusi untuk permasalah ini.
Hanya dengan menggunkan komputer


Memasang Pengaya Gedit untuk Memudahkan menulis kode Vala

Monday, 21/03/2011, 05:42 WIB | Oleh : Somat

Tulisan ini adalah lanjutan tulisan sebelumnya, Mengenal Vala, dan Memulai Vala.
Untuk memudahkan menulis kode Vala, terdapat beberapa tools baik editor maupun IDE (Integrated Development Environment), bisa dilihat di sini.
Pada tulisan ini akan dibahas


Memulai Vala

Monday, 21/03/2011, 04:12 WIB | Oleh : Somat

Seperti biasa, pengenalan bahasa pemrograman selalu dimulai dengan program Hello World, meskipun hasil akhirnya hanya menampilkan kata “Hello World”, namun kandungan program ini membawa banyak pesan, misalnya sintaksis bahasa pemrograman tersebut, cara kompilasi


Mengenal Bahasa Pemrograman Vala

Monday, 21/03/2011, 03:43 WIB | Oleh : Somat

Vala merupakan bahasa pemrograman modern berorientasi obyek. Sebagaimana disebutkan di situs-nya, Vala bertujuan membawa fitur bahasa pemrograman modern untuk pengembang GNOME.
Salah satu kelebihan Vala adalah program yang dibangun menggunakan Vala tidak membutuhkan pustaka


Mengenal Penggunaan Memori di Linux

Wednesday, 24/11/2010, 08:59 WIB | Oleh : Somat

Hasil belajar dari pak mdamt (Mohammad Dhani Anwari), salah satu senior pengembang BlankOn, tentang penggunaan memori di Linux, kurang lebih hasilnya (rangkuman) adalah sebagai berikut :
Banyak yang panik saat melihat hasil keluaran (output)


Jadi Programmer Keren dengan Git

Tuesday, 16/11/2010, 23:29 WIB | Oleh : Sakra Aprila

Apa itu git? git adalah sebuah system versioning control (sistem kontrol versi) terdistribusi, ada istilah lain dari git ini adalah source code management software (aplikasi manajemen kode sumber), atau menurut wikipedia git adalah


HTML (HyperText Markup Language)

Monday, 26/04/2010, 14:33 WIB | Oleh : Nanang Syaifudin

HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah Penjelajah web Internet dan formating hypertext sederhana yang ditulis kedalam berkas format


Related Posts

Posting Komentar