Semua Tentang Google Drive Yang Perlu Kamu Tahu

Posting Komentar

Google Drive merupakan layanan gratis yang disediakan oleh Google, Memungkinkan Kita untuk menyimpan file berupa dokumen, foto dan lainnya secara online dan dapat mengakses file tersebut di mana saja karena berada di Cloud. Google Drive juga memberi Kita akses ke aplikasi berbasis web bebas untuk membuat dokumen, excell, presentasi, dan lainnya.

Mengapa Menggunakan Google Drive?

Google Drive merupakan salah satu layanan penyimpanan Cloud yang saat ini paling populer dan tersedia saat ini. Jika Kita belum pernah menggunakan penyimpanan berbasis Cloud seperti Google Drive sebelumnya, tidak ada salahnya meluangkan sedikit waktu untuk mengerti dan memahami keuntungan menyimpan file Kita secara online.

Karena file dapat diakses dari komputer maupun tablet, bahkan ponsel dimanapun selama terdapat koneksi Internet, Google Drive saat ini dapat mengurangi kebutuhan untuk mengirimkan email berisi file atau menyimpan file ke dalam USB Drive. Dan karena Google Drive memungkinkan Kita untuk berbagi file secara online, bekerja sercara kolaborasi dengan banyak orang terutama pada situasi sekarang yang banyak kegiatan Work From Home menjadi jauh lebih mudah serta praktis.

Membuat File di Google Drive Cloud

Google Drive tidak hanya sekedar menyimpan file Kita hal lain yang dapat dilakukan adalah untuk membuat file, berbagi, dan mengelola fole dokumen dengan aplikasi produktivitas sendiri. Jika Kita pernah atau telah menggunakan aplikasi seperti Microsoft Office, beberapa aplikasi pada Google Drive akan tampak akrab. Misalnya, tipe file yang dapat dibuat dan dikerjakan serupa dengan file dokumen yang biasa dibuat dengan program Microsoft Office.

Di berikut ini adalah tipe file yang dapat kita buat dan bagi dengan orang lain untuk kolaborasi di Google Drive:

[ Picture Jenis file dokumen di Google Drive]

Membuat Akun Google Untuk Menggunakan Google Drive

Untuk dapat menggunakan layanan cloud Google Drive, Kita membutuhkan Akun Google terlebih dahulu. Untuk membuat akun Google tidak di pungut biaya alias bebas, dan melakukan pendaftaran untuk mendapatkannya cukup sederhana. Untuk dapat membuat Akun Google, Kita perlu memberikan beberapa informasi pribadi kita, termasuk nama, Tanggal Lahir, serta lokasi. Dengan membuat akun Google ini, Kita secara otomatis akan memiliki alamat email Gmail yang nanti dapat dipergunakan juga pada ponsel berbasis Android.

Jika telah memiliki alamat Gmail, itu berarti telah memiliki akun Google, sehingga tidak diperlukan lagi untuk membuat akun google. Namun jika ingin tau lebih lengkap serta beberapa cara memiliki akun di google dapat merujuk pada “Cara Membuat Akun Google di HP” atau mengikuti langkah berikut

1. Buka browser seperti Chrome, Firefox, Opera atau browser lainnya.

2. Buka alamat www.google.com dan liat bagian kanan atas tulisan “Sign In” dan klik tombol tersebut.

01. Masuk atau Sign In ke Google
Masuk atau Sign In ke Google

3. Klik Create an Account

Membuat Akun Google Create an Account

Membuat Akun Google Create an Account

4. Halaman isian Sign-up akan muncul, ikuti setiap arahan dan masukan informasi yang dibutuhkan.

Halaman informasi Sign Up Akun Google Drive
Halaman informasi Sign Up Akun Google Drive

5. Masukan nomor handphone/ponsel. Google akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor tersebut untuk menyelesaikan proses pendaftaran akun google.

Memasukan kode verifikasi yang telah dikirimkan oleh google
Memasukan kode verifikasi yang telah dikirimkan oleh google

6. Masukan kode verifikasi yang telah diterima dan Klik Verify

Mengisikan Nomor Handphone Untuk Proses Verifikasi Akun Google
Mengisikan Nomor Handphone Untuk Proses Verifikasi Akun Google

7. Halaman informasi pribadi akan muncul, isi semua informasi yang diminta termasuk tanggal lahir dan jenis kelamin.

Mengisi informasi pribadi untuk Akun Google
Mengisi informasi pribadi untuk Akun Google

8. Baca halaman Term of Service dan Privacy Policy Google dan klik I Agree

Halaman term of service dan privacy policy akun google
Halaman term of service dan privacy policy akun google

9. Akun akan dibuat oleh Google yang menandakan proses pendaftaraan untuk Akun Google telah selesai dilakukan.

Sama halnya seperti melakukan pendaftaran akun pada setiap layanan online lainnya, bagian paling penting adalah untuk memilih password yang kuat, atau yang sulit untuk ditebak oleh orang. Beberapa tips adalah menggunakan kombinasi antara angka, huruf kecil dan besar serta karakter lainnya.

Mulai Akses Layanan Cloud Google Drive Pertama Kali

Setelah selesai membuat Akun Google, Kita dapat mengakses layanan cloud Google Drive dengan membuka alamat url http://drive.google.com pada browser. Kita juga dapat melakukan eksplorasi melalui navigasi yang telah disediakan Google dengan memilih menu dengan ikon grid pada bagian kanan pojok atas tepat disebelah gambar foto atau avatar, lalu klik Drive.

Navigasi layanan google selain Google Drive
Navigasi layanan google selain Google Drive

Mengenal Antar Muka Layanan Cloud Google Drive

Halaman Google Drive mungkin kosong pada saat ini, tetapi ketika kita mulai melakukan upload serta membuat file kita perlu terlebih dahulu tahu bagaimana melihat, mengelola, dan melakukan organisir file kita melalui antar muka google drive.

Klik tombol di bawah interaktif untuk menjadi akrab dengan antarmuka Google Drive.

Antar Muka Interaktif Google Drive
Antar Muka Interaktif Google Drive

Layanan Cloud Google Drive Untuk Ponsel

Saat ini Aplikasi mobile Google Drive telah tersedia untuk iOS serta Android, yang memungkinkan kita untuk melihat dan mengunggah berkas-berkas file ke dalam Google Drive Cloud dengan menggunakan perangkat ponsel.

Google Drive Mobile Apps untuk ponsel berbasis iOS dan Android
Google Drive Mobile Apps untuk ponsel berbasis iOS dan Android

Google juga telah menyediakan aplikasi mobile yang terpisah untuk membuat dan mengelola dokumen, excell, dan presentasi. Untuk dapat belajar lebih mendalam, dapat memeriksa tulisan pada blog Google di aplikasi ponsel baru untuk dokumen, excell, dan slide.

Google Drive Cloud untuk Desktop

Jika telah terbiasa untuk bekerja menggunakan desktop, Kita dapat mengunduh Google Drive untuk desktop ke komputer kita. Aplikasi desktop ini mendukung sistem operasi Windows serta OS X, aplikasi desktop ini membuat kita lebih mudah untuk dapat melakukan upload berkas file yang ada serta bekerja secara offline. Setelah terpasang, kita akan dapat melihat folder Google Drive baru pada komputer. Setiap berkas atau file yang ditempatkan ke dalam folder ini akan dengan otomatis diupload atau di singkronasi ke Layanan Cloud Google Drive Kita.

Google Drive Desktop Apps untuk sistem operasi Windows dan Mac OS X
Google Drive Desktop Apps untuk sistem operasi Windows dan Mac OS X

Artikel Semua Tentang Google Drive Yang Perlu Kamu Tahu untuk saat ini telah selesai, artikel lain terkait dengan layanan cloud google drive dapat dilihat pada deretan artikel berikut ini :

Membuat dan Mengelola Layanan Cloud Google Drive

2 Cara buat akun gmail baru di hp android

Daftar Istilah Reset Pada SmartPhone (Ponsel) Android

Related Posts

Posting Komentar