Cara Membuat Installer USB Bootable Windows Ubuntu

Posting Komentar

Bagaimana Cara Membuat Installer
USB Bootable Dengan Rufus ?

Cara Membuat Installer USB Bootable dengan menggunakan Rufus. Rufus merupakan software untuk membuat bootable USB flasdisk.

Software ini bisa sangat berguna untuk kasus di mana:

  • Kamu perlu membuat media instalasi USB dari ISO yang dapat di-boot (Windows, Linux, UEFI, dll.)
  • Kamu perlu bekerja pada komputer atau laptop yang tidak memiliki sistem operasi yang diinstal
    Kamu perlu melakukan install BIOS atau firmware lain dari DOS
  • Kamu ingin melakukan utilitas tingkatan dasar seperti format, checkdisk maupun check memory (RAM)

Meskipun kecil ukuran software ini, Rufus telah menyediakan semua kebutuhan yang diperlukan!. Rufus dapat bekerja dengan cepat, sebagai contoh dari software sejenis UNetbootin, Universal USB Intaller bahkan Windows USB Download Tool sekalipun.

Bagaimana Mendapatkan Rufus ?

Rufus dapat di download dengan gratis tanpa perlu mengeluarkan biaya dari tautan dibawah ini :

https://rufus.ie/downloads/

Saat tutorial ini dibuat Rufus yang dipergunakan adalah versi 3.4.xx

Jenis ISO Sistem Operasi apa saja yang didukung Rufus ?

Berbagai macam ISO yang didukung oleh Rufus sebagian banyak adalah Sistem Operasi dan Utilitas yang umum dan paling banyak dipergunakan mulai dari :

  • Windows 7
  • Windows 8
  • Windows 10
  • Ubuntu
  • CentOS
  • Fedora
  • Debian
  • Hiren’s BootCD

Dan masih banyak lagi jenis sistem operasi dan software utilitas yang dapat dijadikan USB Bootable dengan menggunakan Rufus ini.

Bagaimana Cara Membuat Installer USB Bootable ?

Setelah download Rufus dan ISO yang ingin dibuat menjadi bootable, berikut ini adalah cara membuat installer usb bootable Ubuntu dan Windows sebagai contoh saja, perbedaan yang ada adalah saat melakukan pemilihan ISO dan Partition Schema (Skema Partisi). Ikuti langkah berikut

Buka Rufus dengan melakukan klik pada shortcut Rufus,sebelumnya pastikan bahwa USB Flasdisk sudah terpasang, dan selanjutnya akan muncul konfirmasi User Access Administrator pilih YES

Rufus
Shortcut Rufus

Selanjutnya akan muncul seperti gambar dibawah ini. Dan pilih Device pada USB Flasdisk yang telah terpasang.

USB Device untuk Rufus
Pilih USB flasdisk Device

Flasdisk yang dipergunakan untuk membuat bootable usb dari ISO ini adalah sebesar 7GB, sistem operasi seperti Ubuntu dan Windows sudah cukup dengan kapasitas tersebut. Selanjutnya klik Select

Akan tampil halaman seperti dibawah ini.

Memilih ISO untuk Rufus
Memilih ISO

Navigasikan dimana tempat ISO yang akan dijadikan Bootable USB berada dan pilih ISO yang dinginkan dan klik Open, pada panduan Cara Membuat Installer USB kali ini akan diberikan contoh untuk Windows dan Ubuntu.

Iso UBUNTU
Ubuntu ISO

Contoh diatas menggunakan ISO Ubuntu 18.04 dengan Partition Scheme MBR dan Target System BIOS or UEFI. Dengan penjelasan bahwa apabila mode boot menggunakan BIOS maupun UEFI akan tetap berjalan.

iso windows
ISO Windows 8.1

Pada gambar diatas adalah dengan menggunakan ISO Windows 8.1 serta Partition Scheme GPT untuk target system spesifik menggunakan UEFI. Klik Start

Cara Membuat Installer USB Bootable Windows Ubuntu | Cara Membuat Bootable USB Flashdisk Installer Berjalan
Konfirmasi Format Flashdisk

Sesaat setelah klik Start akan muncul halaman jendela notifikasi diatas untuk melakukan konfirmasi akan melanjutkan proses atau tidak, karena seluruh data pada flasdisk akan diformat. Klik Yes untuk membuat bootable.

Cara Membuat Installer USB Bootable
Proses format dan pembuatan USB Bootable

Proses pembuatan usb bootable installer berjalan tunggu sampai dengan muncul tulisan READY seperti diatas, dan untuk menutup Klik Close, lakukan reboot seperti biasa.

Untuk proses pemilihan saat booting silakan merujuk pada masing-masing merek komputer maupun laptop, karena tombol pemilihan boot dapat berbeda-beda, umumnya bisa tombol F12, F10, F9 apabila tidak yakin dapat melakukan pemilihat first boot melalui setup bios pada bagian boot.

Sekian panduan atau turorial Cara Membuat Installer USB Bootable Windows dan Ubuntu semoga bermanfaat bagia kita semua, silakan kirimkan komentar dibawah apabila ada yang ingin ditanyakan.

Related Posts

Posting Komentar