Tutorial Cara Install Virtualbox 6.1 Windows 10/8.1/8/7 2020

Posting Komentar

Tutorial dan Panduan Cara Install Virtualbox 6.1 Windows 10/8.1/8/7 2020

Tutorial Cara Install Virtualbox 6.1 ini akan memandu bagaimana cara melakukan installasi virtualbox pada sistem operasi windows 10/8.1/8/7. Bagi yang belum tau apa itu Virtualbox, Virtualbox merupakan salah satu aplikasi atau software yang dapat dipergunakan untuk melakukan Virtualisasi.

Apa itu Virtualbox ?

Virtualbox merupakan sebuah produk aplikasi atau software virtualsasi yang dapat berjalan pada arsitektur x86 (32bit) dan x86_64 (64bit) yang dapat dipergunakan untuk keperluan bisnis dan rumahan. Virtualbox tidak hanya produk aplikasi virtualisasi yang kaya dengan fitur dan berkinerja dengan baik untuk perusahaan, namun juga salah satu dari banyak solusi profesional yang tersedia secara bebas untuk dipergunakan karena berbasis pada Open Source Software dengan lisensi GNU General Public License (GPL) Versi 2.

Sampai dengan tutorial cara install virtualbox 6.1 ini ditulis, Virtualbox dapat berjalan pada sistem operasi Windows, Linux, Macintosh serta Solaris. Sistem operasi yang didukung untuk Guest OS seperti Windows 10, Windows 8.1, Windows 8, Windows 7, Windows Server, Linux dengan kernel 2.4, 2.6, 3.x serta 4.x, OpenBSD, Solars dan lain sebagainya.

Pengembangan Virtualbox dapat dibilang sangat aktif dan terus melakukan perbaikan-perbaikan serta penambahan fitur untuk dapat mendukung berbagai macam sistem operasi. Virtualbox sendiri dikembangkan oleh komunitas dengan dukungan yang diberikan oleh perusahaan dan Oracle sebagai perusahaan pendukung untuk memastikan bahwa kualitas Virtualbox tetap memenuhi kualitas profesional.

Mengapa Virtualisasi Dengan Virtualbox ?

Alasan mengapa melakukan virtualisasi dengan menggunakan Virtualbox adalah, fitur yang ditawarkan oleh Oracle Virtualbox memungkinkan beberapa sekenario berikut ini dapat dilakukan :

Dapat menjalankan beberapa sistem operasi secara bersamaan. Oracle VM (Virtual Machine) VirtualBox memungkinkan kita untuk menjalankan satu atau lebih Sistem Operasi pada satu waktu yang bersamaan, sudah tentu ini bergantung dengan spesifikasi hardware kita.

Proses installasi Virtualbox mudah. Sebagai contoh, untuk melakukan proses installasi layanan mail server pada mesin fisik prosesnya bisa sangat rumit dan melelahkan, namun dengan menggunakan virtualisasi virtualbox hal tersebut dapat diringkas hanya dengan membuat satu installasi mail server yang telah jadi dan siap dipergunakan yang umumnya disebut dengan appliance dalam bentuk mesin virtual(VM), pada Virtualbox tinggal melakukan import appliance mail server tersebut dan siap di pergunakan.

Testing dan Disaster Recovery. Setelah diinstal, mesin virtual dan hard disk virtualnya dapat dianggap sebagai wadah yang dapat secara mudah dibekukan, dipergunakan, disalin, di backup, dan dipindahkan antar host.

Konsolidasi infrastruktur. Virtualisasi dengan virtualbox dapat secara signifikan mengurangi biaya langsung pada perangkat keras dan listrik. Banyak sumber daya perangkat keras serta listrik yang terbuang percuma. Jadi, alih-alih menjalankan banyak komputer fisik yang hanya digunakan sebagian, menggunakan virtualisasi untuk mengoptimalkan perangkat keras (hardware) adalah pilihan yang tepat dan bijak.

Beberapa Istilah Teknis di Virtualbox

Agar dapat menggunakan VirtualBox dengan mudah, maka perlu terlebih dahulu untuk mengetahui istilah-istilah yang ada didalamnya, dan berikut ini adalah daftar beberapa istilah yang akan membuat pengelolaan virtualisasi dengan virtualbox mudah.

  • Sistem Operasi Host (host OS). Merupakan komputer fisik/perangkat keras (hardware) tempat dimana Virtualbox terpasang.
  • Sistem Operasi Tamu (guest OS). adalah Sistem Operasi yang berjalan didalam mesin virtual (virtualisasi). Secara teori, VirtualBox dapat menjalankan Sistem Operasi 32bit dan 64bit yang ada diluaran saat ini.
  • Mesin Virtual (Virtual Machine). Untuk mempermudah, guest OS yang akan dijalankan berada pada VM (virtual machine/mesin virtual/virtualisasi)

Berapa Kebutuhan Minimal Virtualbox ?

Sebelum memasang dan menggunakan Virtualbox, akan lebih tepat untuk mengetahui terlebih dahulu berapa sih kebutuhan minimal dari hardware yang sangat disarankan.

Menurut informasi resmi dari website virtualbox

  • Processor : AMD dan Intel terbaru.
  • RAM : Minimum 1 GB untuk Host, dan sesuaikan dengan kebutuhan berapa Guest OS (VM) yang akan dipasang.
  • HDD : Sesuaikan dengan kebutuhan Host dan Guest OS

Menurut pengalaman dan saran.

  • Processor : Core i5 minimum
  • RAM : 8GB Minimum
  • HDD : 256GB SSD Minimum

Cara Install Virtualbox 6.x

Mendapatkan VirtualBox dengan cara melakukan download virtualbox installer link ini

Proses download virtualbox

Setelah proses download virtualbox selesai dlakukan, buka direktori atau folder tempat hasil download virtualbox disimpan

Hasil Download Installer Virtualbox

Jalankan installer virtualbox dengan double klik VirtualBox-6.1.14-140239-Win.exe, maka akan muncul halaman Oracle VM VirtualBox sperti dibawah ini

Welcome to Oracle VM VirtualBox

Klik Next utuk melanjutkan proses, akan muncul halaman pemilihan fitur dan tempat installasi virtualbox akan berada.

Fitur dan Tempat Installasi Virtualbox

Halaman custom setup berisikan informasi mengenai fitur, tujuan installasi dan informasi penggunaan harddrive.

  1. Informasi fitur apa saja yang akan dipasang
  2. Tujuan virtualbox akan dipasang
  3. Melanjutkan proses Installasi VirtualBox

Pada bagian ini seluruh fitur akan dipasang dan tidak ada yang dikurangi, tempat tujuan install akan dibiarkan secara default. Klik Next 

Shortcut Virtualbox

Informasi mengenai menu dan shortcut yang akan dibuat, biarkan default dan Klik Next

Tutorial Cara Install Virtualbox 6.1 Windows 10/8.1/8/7 2020 | Cara Install VirtualBox

Installing the Oracle VM VirtualBox 6.1.114 Networking feature will reset your network connection and temporarily disconnect you from the network.

Dari gambar diatas dapat diartikan bahwa proses installasi akan mematikan sambungan ke jaringan atau internet sebentar selama proses pemasangan fitur networking berlangsung, Klik Yes untuk setuju dan melanjutkan.

Tutorial Cara Install Virtualbox 6.1 Windows 10/8.1/8/7 2020 | Cara Install VirtualBox

Proses konfirmasi terakhir, Klik Install

Tutorial Cara Install Virtualbox 6.1 Windows 10/8.1/8/7 2020 | Cara Install VirtualBox

Proses install VirtualBox 6.1.14 pada komputer sedang berajalan, tunggu sampai dengan muncul seperti gambar dibawah ini yang menandakan proses telah selesai.

Proses Install VirtualBox Selesai

Proses install VirtualBox 6.1.x telah selesai seperti terlihat pada gambar diatas, Klik Finish maka VirtualBox akan berjalan dan Tutorial Cara Install VirtualBox 6.1 di sistem operasi Windows ini telah selesai, semoga memiliki manfaat.

Apabila menemukan kendala saat mengikuti Tutorial dan Panduan Cara Install Virtualbox 6.1 Windows 10/8.1/8/7 2020 ini, silakan komentar dibawah mengenai kendala atau masukan tersebut.

Related Posts

Posting Komentar