OpenBTS : USRP ( Universal Software Radio Peripheral )

Posting Komentar

Apa itu USRP ?

USRP adalah Universal Software Radio Peripheral salah satu perangkat dari yang dipergunakan untuk membangun sebuah OpenBTS, di dalam USRP sendiri dibagi menjadi 2 bagian yaitu :

1. Mother Board ( Main Board )
2. Daughter Board ( Child Board )

USRP ini sendiri diproduksi oleh Ettus Research LLC serta perusahaan dibawahnya, tujuan dari USRP ini sendiri adalah untuk menfasilitasi pengembangan perangkat lunak radio yang murah.

Cara kerja dari USRP ini adalah menghubungan komputer host melalui USB maupun Gigabit Ethernet yang berkecepatan tinggi. Koneksi ini memungkinkan perangkat lunak untuk mengontrol USRP dan menyiapkan signal untuk transmisi serta menerima.

Model dari USRP ini sendiri tersedia kurang lebih 5 model yaitu :

1) USRP N200 Series
2) USRP E100 Series
3) USRP2
4) USRP1

AirPutih, pada tulisan sebelumnya telah melihat bahwa pengembangan OpenBTS untuk dipergunakan di wilayah yang terkena bencana sangatlah efektif dan tepat guna.

Berangkat dari permasalahan diatas, AirPutih melakukan riset tentang OpenBTS dan melakukan pembelian salah satu perangkat untuk membangun OpenBTS yang sangat vital adalah USRP yang sudah di jelaskan di atas.

Untuk pembelian perangkat USRP ini sendiri tidaklah murah disamping itu juga tidak adanya reseller yang menjual perangkat ini di Indonesia, Hal ini baru diketahui oleh AirPutih bahwa pihak Ettus Research hanya menjual USRP ini direct melalui mereka.

Sebelum melakukan pembelian perangkat USRP yang notabene banyak sekali model dan jenisnya maka AirPutih melakukan pembicaraan dengan pihak support dari Ettus yang sangat membantu dan terbuka untuk ditanyai tentang seputar USRP ini agar sesuai dengan kebutuhan AirPutih.

Dari hasil diskusi dengan support pihak Ettus maka disarankan untuk mempergunakan USRP1 mengingat model inilah yang saat ini sedang banyak dipergunakan oleh orang yang ingin mengembangkan OpenBTS di seluruh dunia sehingga untuk mendapatkan informasi mengenai USRP ini sangatlah mudah, dan yang tak kalah penting adalah skema dari USRP ini dapat di unduh secara geratis.

Berdasarkan saran dari pihak support Ettus maka AirPutih membeli alat USRP1 ini dengan rincian alat yang dibeli sebagai berikut :

1) USRP-PGK :
1.1) USRP1 Motherboard ( Mainboard )
1.2) Enclosure ( Kotaknya )
1.3) 2 Kabel SMA Bulkhead
1.4) Kabel USB Hi-SPeed
1.5) Power Supply
1.6) Aksesories-nya

Harga : $ 700,00

2) Daughterboard
2.1) RFX1800

Harga : $ 275,00

3) Antena
3.1) Antena VERT900

Harga : $ 35,00

Total              : $ 1.045,00

Shipping      : $ 100,00

Grand Total Perangkat : $ 1.145,00

Biaya masuk barang ( Cukai ) : Rp. 2.000.000,00

Untuk pembayaran dari Ettus ini dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu :

1) Kartu Kredit
2) Transfer Bank

Pengiriman barang sendiri kurang lebih memakan waktu 1 Minggu terhitung semenjak pembayaran dan dalam hari kerja. Kurir yang dipergunakanpun bisa memilih sesuai dengan keinginan kita dan sudah disediakan oleh Ettus kurir mana yang bisa kita pergunakan untuk mengirimkan ke alamat kita.

Biaya diluar pembelian pernakat di atas adalah pembayaran untuk biaya masuk barang atau cukai yang kurang lebih Rp. 2.000.000,00 ( 2 Juta Rupiah ). Barang akan dikirimkan apabila kita sudah selesai melakukan pembayaran cukai tersebut, karena perangkat ini masuk kategori perangkat mahal.

Semoga informasi ini dapat membantu para pengembang di Indonesia yang tertarik untuk turut serta mengembangkan OpenBTS di Indonesia untuk menciptakan telekomunikasi yang murah dan mudah.

Referensi:
1. http://www.ettus.com/order
2. http://en.wikipedia.org/wiki/Universal_Software_Radio_Peripheral


Related Posts

Posting Komentar